Jumat, 17 Mei 2024

Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih, Bangkitkan Rasa Kebersamaan dan Kecintaan NKRI

Diunggah pada : 14 Juli 2023 15:37:59 92
Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kemendagri menggelar rapat evaluasi persiapan pembagian bendera merah putih bersama Pemprov, Pemkab/Pemkot

Jatim Newsroom – Gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ke masyarakat untuk membangkitkan rasa kebersamaan sebagai bangsa dan negara serta memperkuat kecintaan warga terhadap negara kesatuan republik Indonesia (NKRI).

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Bahtiar saat rapat evaluasi pelaksanaan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih secara virtual, Jumat (14/7/2023).

Ia mengajak semua peserta rapat, termasuk gubernur, bupati, walikota, dan pimpinan Forkopimda, untuk memprakarsai gerakan ini di daerahnya masing-masing, baik dalam skala kecil di tingkat kecamatan maupun komunitas-komunitas dan organisasi kemasyarakatan yang ada di daerahnya.

“Gerakan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi harus melibatkan stakeholder terkait dan berbagai elemen masyarakat. Gerakan ini diharapkan menjadi kebiasaan bagi seluruh warga negara, dalam upaya membangun nasionalisme sebagai sebuah negara, kecintaan terhadap tanah air dan harus terus dipelihara, dijaga dan dirawat di semua tingkatan,"katanya.

“Bendera merah putih merupakan simbol netral yang sangat kuat bagi warga negara Indonesia. Mengibarkan bendera merah putih merupakan bentuk penghormatan terhadap simbol tersebut dan menunjukkan rasa cinta terhadap negara,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Politik dan PUM) Kemendagri melalui Direktorat Bina Ideologi, Karakter dan Wawasan Kebangsaan Ditjen Politik dan PUM Kemendagri mengadakan rapat koordinasi evaluasi pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih ke masyarakat dilakukan secara virtual atau zoom bersama Bakesbangpol provinsi, kab/kota. (Pca/hjr)

#Kemendagri RI