Sabtu, 27 April 2024

Gempabumi Tektonik Magnitudo 4,4 Dirasakan di Kabupaten Malang

Diunggah pada : 22 Januari 2024 22:13:43 108
dok.BMKG

Jatim Newsroom - Gempa Bumi dengan Magnitudo 4,4 dirasakan di Kabupaten Malang, Jawa Timur pada pukul 15.19 WIB, Senin (22/1/2024). Hasil analisis BMKG meunjukkan bahwa pusat gempa terletak pada koordinat 8.60° LS; 112.38° BT tepatnya di laut pada jarak 55 km arah Barat Daya Kab. Malang dengan kedalaman 129 Km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas pada zona subduksi,” sebut BMKG dalam keterangan tertulisnya.

Guncangan gempabumi ini juga dirasakan di daerah Malang dan Trenggalek II MMI (Getaran dirasakan sedikit orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Kepala Stageof Sleman, Setyoajie Prayoedhie, dalam keterangan tertulisnya, menyampaikan bahwa hingga hari Senin, 22 Januari 2024 pukul 15.40 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum ada aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

Oleh karenanya, BMKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

BMKg juga meminta agar masyarakat mendapat informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram channel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda, pwd pemda-bmkg) atau infobmkg.(red)

 

 

#BMKG #Kabupaten Malang #Gempa