Jumat, 19 Agustus 2022

Gelar Halal Bihalal, HIPAKAD Jatim Berkomitmen Menumbuhkan Semangat Patriotisme bagi Anggota dan Masyarakat

Diunggah pada : 29 Mei 2022 14:08:42 103
Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak (tengah) saat menghadiri halal bihalal Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Tingkat 1 Jawa Timur di Hotel Sheraton, Jalan Embong Malang Surabaya, Minggu (29/5/2022).

Jatim Newsroom - Himpunan Putra-Putri Keluarga Angkatan Darat (Hipakad) Tingkat 1 Jawa Timur menyelenggarakan halal bihalal Hari Raya Idul Fitri 1440 H di Hotel Sheraton, Jalan Embong Malang Surabaya, Minggu (29/5/2022). Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak.

Dalam sambutannya Emil mengatakan, semangat patriotisme harus senantiasa menjadi nilai yang ditumbuh kembangkan dalam semua perilaku dimanapun berada. 

"Kami menyakini keluarga besar HIPAKAD bisa menanamkan dan mengembangkan semangat kebangsaan dan cinta tanah air dalam berbagai kesempatan. Karena tugas ini menjadi tanggung jawab semua pihak. Kami mengucapkan terimakasih kepada HIPAKAD, karena organisasi ini di Jatim cukup eksis dan menjadi bagian dalam mewujudkan Jatim Wani," terangnya.

Dikatakannya, momentum ini bisa menjadi acuan dan meningkatkan semangat patriotisme, jiwa korsa di antara anak-anak Angkatan Darat dan seluruh elemen masyarakat guna menjaga dan mempertahankan NKRI.

Melalui kegiatan ini, diharapkan rasa patriotisme semakin tumbuh dalam diri setiap warga negara untuk menjaga kesatuan dan keutuhan NKRI. "Dengan begitu, kita semua tidak akan mudah terpecah belah oleh ancaman baik dari dalam maupun dari luar," pungkasnya.

Dalam sambutannya, Ketua Hipakad Jatim, Priyo Effendi mengatakan, Idul Fitri menjadi momentum bagi masyarakat Jawa Timur untuk memperat tali silaturahmi meskipun dalam kondisi pandemi Covid 19.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, Hipakad senantiasa fokus dalam kegiatan sosial di bawah arahan Panglima TNI melalui Kodam V Brawijaya.

"Salah satu contoh kegiatan kita adalah selama pandemi Covid 19 pengurus HIPAKAD melakukan penyemprotan disinfektan pada ribuan rumah penduduk serta memberikan bantuan pada masyarakat. Saat terjadi letusan Gunung Semeru di Lumajang HIPAKAD juga mengirimkan sedikitnya empat truk berisikan logistik untuk korban erupsi gunung," katanya.

Selama ini, HIPAKAD juga memberikan pendampingan hukum secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Terutama bagi anak-anak tentara yang berurusan dengan hukum yang terbentur biaya.

Hipakad Jatim, lanjutnya juga mempunyai LBH (Lembaga Bantuan Hukum) yang berisikan advokat dari Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) yang kredibilitasnya sangat diakui.

Selain itu, Hipakad juga bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di Jawa Timur untuk memberikan beasiswa kepada masyarakat yang kurang mampu.

Priyo mengajak untuk bersama-sama membantu serta ikut serta mengawal pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. (jal/n)

#wakil gubernur #Emil Elestianto Dardak