Selasa, 7 Mei 2024

Gelar Festival Literasi, Asah Kemampuan Anak Mengolah dan Memahami Informasi

Diunggah pada : 26 November 2023 11:16:37 28
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko melihat bahan bacaan dalam acara Festival Literasi di Ndalem Tondowinatan, Sabtu (25/11/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Pemaknaan literasi tidak berhenti pada kemampuan membaca dan menulis. Namun, sudah berkembang pada kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi. Festival Literasi berupa bazar buku dari puluhan penerbit terkemuka berlangsung di Ndalem Tondowinatan Ponorogo  mulai 25 November hingga 3 Desember 2023.

‘’Kegiatan yang bagus, apalagi mengenalkan literasi sedari dini kepada anak-anak,’’ kata Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko, saat membuka kegiatan itu, Sabtu (25/11/2023). 

Menurut Kang Bupati, anak-anak di Ponorogo harus pintar  berkat asupan informasi yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan. Mereka memiliki kemampuan mengkritisi informasi yang masuk sehingga tidak mudah termakan hoaks. ‘’Literasi itu penting untuk  membentuk generasi yang  hebat, pintar, dan berpengetahuan di tengah arus informasi yang semakin deras serta beragam,’’ jelasnya.  

Kemampuan literasi juga menjadi tolok ukur keberhasilan pendidikan. Selain itu, tingkat literasi menentukan kemajuan masyarakat di sebuah bangsa. Contoh aktivitas literasi adalah membaca buku atau artikel di internet untuk menambah wawasan. Panitia Festival Literasi di Ndalem Tondowinatan sengaja menggandeng sejumlah penerbit nasional untuk menyediakan pilihan bacaan lintas genre. Selain itu, diselenggarakan lomba mewarnai dan menghafal dengan peserta anak-anak. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo