Minggu, 5 Mei 2024

Gelar Budaya Nusantara agar Pelajar Miliki Kompetensi Berkebhinekaan Global

Diunggah pada : 23 November 2023 19:49:04 81
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko melukis di salah satu stand pameran dalam Gelar Budaya Nusantara di Gedung Terpadu, Kamis (23/11/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Keanekaragaman budaya sejumlah daerah di Indonesia tersaji di kompleks Gedung Terpadu Ponorogo. Dinas Pendidikan setempat menghelat event Gelar Budaya Nusantara selama tiga hari mulai Kamis (23/11/2023). Bupati Sugiri Sancoko membuka rangkaian kegiatan berupa pameran karya siswa, lomba tari, workshop, dan literasi digital dengan peserta seluruh SMP di Ponorogo itu.

Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Nurhadi Hanuri, mengatakan, Gelar Budaya Nusantara menjadi rangkaian peringatan Hari Sumpah Pemuda, Hari Pahlawan, dan Hari Guru Nasional. Bersamaan itu, sebagai ajang para pelajar mengaktualisasikan diri mereka supaya terbentuk profil pelajar Pancasila.  “Mencerminkan kualitas generasi yang sesuai dengan tujuan pendidikan nasional serta pandangan dan cita-cita para pendiri bangsa,”kata Nurhadi.

Menurut dia, keragaman budaya di Indonesia bukan lagi hal awam bagi para pelajar karena mereka memiliki kompetensi berkebhinekaan global. Bahkan, Gelar Budaya Nusantara akan memberikan kesempatan siswa dan siswi menyalurkan ekspresi. “Akan menjadi energi positif karena juga ada penghargaan kepada siswa-siswi yang sudah berprestasi dalam OSN, O2SN, dan FL2SN. Tentunya akan memotivasi para pelajar yang lain,” jelas Nurhadi. 

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko mengapresiasi upaya dinas pendidikan yang terus berinovasi dalam membangun karakter peserta didik. Kang Bupati —sapaan Bupati Sugiri Sancoko— berharap pelajar di Ponorogo tidak hanya pandai di bidang akademik, namun juga memiliki karakter yang kuat. “Baik itu karakter agama maupun budayanya,” terangnya.

Kang Bupati berpesan kepada para tenaga pendidik agar tidak sekadar memberikan pelajaran hafalan kepada murid. Sebaliknya, guru harus memahami kondisi muridnya sehingga materi pelajaran tersampaikan.  "Itu yang dimaksud merdeka belajar, di mana anak didik tumbuh dengan karakternya masing-masing dalam bingkai yang baik," harapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo