Minggu, 12 Mei 2024

Fosil Kaki Gajah Purba Ditemukan di Hutan Tritik Nganjuk

Diunggah pada : 1 Agustus 2023 15:08:01 202

Jatim Newsroom - Fosil kaki gajah purba ditemukan dalam Hutan Tritik, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur (Jatim). Tahun sebelumnya, arkeolog juga menemukan sejumlah gading gajah purba di hutan tersebut. Sejumlah relawan sejarah dan ekologi Nganjuk berusaha mengamankan fosil kaki gajah purba tersebut. Fosil itu pertama kali ditemukan warga.

Sebagian potongan kaki gajah tersebut telah tampak ke permukaan. Namun sebagian lainnya masih menancap dan terpendam dalam tanah. Posisinya di dasar sungai yang sudah mengering. Setelah tanah yang menimbunnya berhasil dibuka, akhirnya tampak bahwa potongan fosil kaki gajah tersebut ternyata memang sudah patah. Panjang patahan yang telah diamankan hanya sekitar 8 sentimeter (cm).

Dilihat dari fosil serupa yang sudah sering ditemukan, diperkirakan usia fosil kaki gajah itu sudah mencapai lebih dari 800.000 tahun. Petugas Perhutani dari KPH Nganjuk Susilo mengatakan, selama ini di hutan tritik memang sering ditemukan fosial hewan purba.

“Ini kaki sebelah kiri. Usianya diperkirakan 800.000 tahun lalu, tapi kami terus berusaha mencari sambungannya (kaki) ini. Yang jelas pasti ada sambungannya,” ucap Susilo, Selasa (1/8/2023).

Berdasarkan data perhutani setempat, total sudah ada 16 jenis fosil hewan purba yang pernah ditemukan di hutan tritik. Rinciannya, ada gajah, badak, banteng, kerbau, sapi hingga rusa. Oleh petugas dari perhutani, potongan fosil kaki gajah tersebut kemudian diamankan untuk diserahkan ke Museum Nganjuk. (jal/hjr)

 

#perhutani