Minggu, 5 Mei 2024

Fakultas Peternakan UB Gelar Pelatihan Inovasi Pakan Ternak Kelinci

Diunggah pada : 17 November 2023 11:29:25 34
Pelatihan penyusunan pakan ternak kelinci. Sumber foto: Humas UB

Jatim Newsroom - Universitas Brawijaya (UB) melalui Fakultas Peternakan (Fapet) menggelar Pelatihan penyusunan Pakan Ternak Kelinci kepada Asosiasi Peternak Kelinci (Aspek) Kota Batu.

Mengutip laman resmi UB, pada Jumat (17/11/2023), seiring meningkatnya permintaan kelinci hias dan kelinci pedaging di kota wisata tersebut, maka diperlukan pakan yang sehat dan aman untuk ternak kelinci. Apalagi Kota Batu dikenal sebagai sentra pertanian hortikultura, yangmana banyak memiliki limbah sayuran yang melimpah yang bisa dimanfaatkan untuk pakan kelinci.

Akan tetapi menurut dosen Fapet UB, Dr. Heli Tistiana, S.Pt.,M.P., limbah sayur memiliki kandungan air cukup tinggi, sementara serat kasar dan proteinnya rendah. Sehingga dapat mengakibatkan gangguan pencernaan dan diare pada kelinci serta belum mencukupi kebutuhan nutrisi. 

Heli bersama tim dosen merancang solusi untuk mengatasi permasalahan pakan tersebut dengan melakukan penambahan bahan pakan yang mengandung serat dan protein tinggi, menggunakan teknologi formulasi suplementasi hijauan sumber serat dan sumber protein.

Sebab anggota ternak ASPEK rata-rata memberikan pakan berupa limbah sayuran dan sedikit tambahan pakan konsentrat berupa pollard dan dedak. Bahkan beberapa peternak telah memberikan pakan lengkap bentuk pelet yang kandungan nutrisinya sudah mencukupi kebutuhan kelinci. 

“Sayangnya harga pelet jauh lebih mahal dari limbah sayuran, sehingga peternak memperoleh keuntungan yang tipis bahkan rugi. Oleh karenanya pemanfaatan limbah sayuran ini memiliki keunggulan dari segi harga, namun diperlukan tambahan bahan hijauan disekitar yang berserat dan berprotein tinggi,” katanya

Bahan pakan yang tersedia dan mudah didapat sebagai sumber serat adalah rumput, dan jerami. Hanya saja jerami memiliki kekurangan pada kandungan lignin silika yang tinggi dan susah dicerna kelinci. Maka bahan pakan yang dapat dijadikan sumber protein kasar dan tersedia disekitar adalah dari tanaman leguminosa. Kegiatan sosialisasi dan pelatihan ini dilakukan selama dua bulan, mulai nulan Mei hingga Juni 2023 yang dikemas melalui pengabdian kepada masyarakat. (ghf/s)

 

#peternakan #universitas brawijaya #UB #Disnak Jatim