Sabtu, 27 April 2024

Dua Tahun Digelar Terbatas, Upacara HUT Ke-77 RI di Gedung Negara Grahadi Kini Terbuka

Diunggah pada : 17 Agustus 2022 8:01:27 373
Tamu undangan memadati halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya untuk mengikuti upacara HUT RI Ke-77. Foto: Rijal

Jatim Newsroom - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia digelar, hari ini, Rabu  (17/8/2022), di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. Sesuai jadwal yang telah ditentukan, upacara akan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Bendera akan dikibarkan oleh 76 Pasukan Pengibar Bendera yang merupakan perwakilan dari kabupaten dan kota di Jatim.

Pantauan Jatim Newsroom, hampir seluruh undangan sudah datang dan sebagian besar sudah duduk di tempat duduk yang telah disediakan. Setidaknya, terdapat lebih dari seribu undangan yang mengikuti upacara hari ini.

Para undangan di antaranya, jajaran Forkopimda, Korsik Satpol PP, Korp Wanita TNI dan Polwan, Taruna AAL, TNI Angkatan Darat, Laut dan Udara, Polri, Korpri, Mahasiswa, Ormas Kepemudaan, pelajar serta Pramuka. Termasuk 500 undangan dari masyarakat umum yang sebelum sebelumnya telah mendaftar. 

Telah bersiaga pula meriam Howitzer di Taman Prestasi Jalan Ketabang Kali Surabaya. Sebanyak 17 kali dentuman meriam ini akan mewarnai jalannya upacara, tepatnya saat peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

Untuk pertama kalinya dalam upacara hari ini, digelar secara terbuka setelah dua tahun pandemi Covid 19. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa  akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Selama upacara berlangsung, Jalan Gubernur Suryo akan ditutup sementara. (jal/n)

#HUT Kemerdekaan RI  Ke-77