Minggu, 29 Januari 2023

Gubernur Khofifah Terenyuh atas Antusiasme Anak-anak Jatim Ikuti Upacara HUT Kemerdekaan RI

Diunggah pada : 21 Agustus 2022 6:20:43 468
Gubernur Khofifah Bagikan Souvenir HUT ke-77 Kemerdekaan RI kepada Warga Jatim, Sabtu (20/8/2022) di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Jatim Newsroom - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengapresiasi nasionalisme dari warga Jawa Timur yang antusias mengikuti upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2022 lalu di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

Menariknya, ada yang membuat Gubernur Khofifah terenyuh ketika menerima hasil dokumentasi foto usai upacara. Tertangkap momen anak-anak usia dini sedang dalam posisi hormat kepada Bendera Merah Putih. Mereka berdiri dengan sikap sempurna mengikuti upacara dari luar Gedung Negara Grahadi. 

"Saya terenyuh melihat foto-foto yang dikirim kepada saya. Antusiasme masyarakat luar biasa. Meski tidak mendapat undangan baik online maupun offline, tapi mereka tetap semangat untuk mengikuti upacara dari luar Grahadi. Apalagi saya melihat ada anak-anak yang hormatnya itu menunjukkan bahwa mereka sangat mencintai negeri ini. Maka, dari foto yang masuk, saya lingkari-lingkari," ujar Khofifah.

Usai melingkari foto-foto tersebut, Gubernur Khofifah pun membagikan postingan lewat akun instagram pribadi miliknya @khofifah.ip pada tanggal 19 Agustus 2022. Melalui postingan tersebut, Ia mengundang anak-anak yang dilingkari dalam foto untuk datang bersilaturahmi dengannya.

Berikut caption dalam postingan instagram tersebut. "Bagi yang fotonya saya tandai dalam postingan di atas, saya mengundang secara khusus ke Gedung Negara Grahadi, Kota Surabaya pada Sabtu 20 Agustus 2022 besok pukul 16.00 WIB. Ada souvenir spesial HUT RI yang sudah saya siapkan. Terima kasih kepada para orang tua yang telah mengajak putra-putrinya untuk mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI , 17 Agustus 2022 di Gedung Negara Grahadi. Mohon maaf jika tidak bisa mengikuti upacara di halaman dalam karena keterbatasan kapasitas tempat. Saya tunggu di Grahadi, besok sore ya."

Salah satu keluarga yang hadir memenuhi undangan tersebut adalah Ramadhani Putra Himawan beserta sang istri Wisda Mulyasari dan dua putrinya bernama Aisyaha Tsabita Ramadhani yang berusia 8 tahun dan Shafiyyah Adania Ramadhani yang berusia 4 tahun. 

"Kami tidak menyangka dan senang banget. Kami tahunya ada teman yang nge-tag di Instagram. Ada juga yang mengabari lewat Whatsapp dan Tiktok. Ya allah alhamdulillah, ini Ayah pasti senang banget ini. Suami saya ini dulu pernah jadi Paskibra di Grahadi saat SMA," tutur Wisda dengan antusias saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (20/8/2022). 

Ramadhani menerangkan bahwa dirinya dan Istri ingin memupuk nasionalisme dalam diri anak-anak mereka sejak dini. Saat pengibaran di pagi hari, mereka menonton pelaksanaan upacara di Istana Negara melalui televisi. Karena antusias, sorenya Ramadhani mengajak anak-anaknya untuk melihat langsung upacara penurunan di Gedung Negara Grahadi. 

"Saya melihat generasi saat ini sudah fokus dengan yang namanya gadget atau teknologi. Tapi seperti yang Bung Karno sampaikan, bangsa yang besar adalah yang tidak melupakan sejarah. Jadi saya dan istri ingin menanamkan itu pada anak-anak. Toh mereka antusias sekali. Saya juga sekaligus mengenang ketika dulu bertugas menjadi Paskibra di sini," terang Ramadhani.

Tak hanya anak-anak yang diundang Gubernur Khofifah dalam kesempatan ini, tetapi juga 2 (dua) penjual pentol yang juga antusias mengikuti jalannya upacara sembari berjualan. Keduanya bernama Shodiq dan Muafi. 

"Saya lagi jualan sambil ngikutin upacara. Kami tahu dari teman yang punya instagram. Ya alhamdulillah tidak menyangka. Saya bahagia banget karena saya tidak pernah masuk Gedung Grahadi. Saya mendoakan Ibu Khofifah sehat selalu dan semoga Allah SWT membalas atas kebaikannya. Semoga diberi umur panjang yang berkah dan manfaat dunia akhirat. Terima kasih Ibu Khofifah," kata Muafi. 

Sebagai informasi, Ibu Khofifah membagikan souvenir, tas, dan uang rupiah kertas tahun emisi 2022 kepada seluruh undangan yang hadir. Ia pun mengajak mereka untuk bersama-sama menyusuri Sungai Kalimas dengan perahu, menyantap hidangan, dan foto bersama. (idc/n)

#Khofifah Indar Parawansa #Gubernur Jawa Timur #HUT Kemerdekaan RI  Ke-77