Kamis, 2 Mei 2024

DPU Bina Marga Jatim Uji Coba Penghamparan Aspal CPHMA

Diunggah pada : 27 Oktober 2023 21:01:43 47

Jatim Newsroom - Guna meningkatkan keamanan serta kualitas jalan, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Jember mengadakan uji coba penghamparan aspal CPHMA (Cold Paving Hot Mix Asphalt) tipe curah, di Persimpangan Jalan Link. 208.11K - Jl. Otto Iskandar Dinata, Jember.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari (23 – 24 Oktober) itu bertujuan untuk mengoptimalkan penggunaan CPHMA/Asbuton yang telah di modifikasi pada kondisi lalu lintas berat di persimpangan jalan yang vital. Sebelumnya, pada Senin (23/10/2023), kegiatan dimulai dengan sesi pembekalan materi di kantor UPT PJJ Jember, Jl. PB Sudirman No 17, Jember. 

“Kegiatan pembekalan materi mencakup sharing knowledge dan penerapan teori praktik lapangan terkait penggunaan aspal CPHMA yang efektif,” kata Kasi Pemeliharaan Jalan dan Jembatan UPT PJJ Jember, Sudrajat, seperti dalam laman DPU Bina Marga Jatim, Jumat (27/10/2023).

Dikatakan Sudrajat, uji coba dilanjutkan dengan praktik lapangan di Ruas Jalan Link. 208.11K - Jl. Otto Iskandar Dinata, Jember, di mana pada hari sebelumnya telah dilakukan pengupasan lapis permukaan jalan dengan cold milling machine.  Di sini para personel DPU Bina Marga Jatim secara aktif terlibat dalam proses penerapan dan penggunaan CPHMA/ Asbuton.

Ditemui di lokasi uji coba, pengguna jalan yang melintas di sekitar area uji coba memberikan tanggapan positif pada kegiatan penghamparan aspal ini. Sidik, salah satu pengguna jalan, memberikan pendapatnya. 

"Jalan yang mulus tentu memudahkan pengguna jalan dari segi keamanan dan kenyamanan dalam berkendara." Katanya. 

Sebagai informasi tambahan, kegiatan ini dihadiri oleh pejabat Eselon IV di lingkungan Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur serta staf ahli di bidang terkait. (red)

#DPUBinaMarga