Jumat, 19 Agustus 2022

DPU Bina Marga Jatim Optimalkan Layanan Pengaduan Online QRRMS

Diunggah pada : 4 Juli 2022 21:03:15 21
Foto; dok.DPU Bina Marga Jatim pada saat Sosialisasi QRRMS, Rabu (29/6/2022).

Jatim Newsroom - Guna mengoptimalkan layanan pengaduan jalan dan jembatan secara online, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga Provinsi Jawa Timur mengajak pemerintah kabupaten/kota di Jatim untuk memanfaatkan aplikasi Quick Response Road Management System (QRRMS).

Sekretaris DPU Bina Marga Jatim, Moch Amirulloh, menjelaskan, QRRMS merupakan sebuah sistem yang dibangun oleh Dinas PU Bina Marga Jatim, untuk memudahkan masyarakat dalam melaporkan kerusakan jalan secara online dan realtime.

"QRRMS sangat membantu masyarakat dalam melaporkan kerusakan jalan atau jembatan di wilayah Jawa Timur," ujar Amirullah, seperti dikutip dalam laman DPU, Senin (4/7/2022). 

Aplikasi tersebut dapat diunduh di google playstore dengan nama aplikasi QRRMS (Jalak Loewe). Aplikasi ini juga bertujuan untuk menjaring aspirasi atau keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan yang ada di wilayah Jawa Timur sesuai dengan kewenangan tiap instansi. Antara lain seperti ruas jalan Nasional, Provinsi, maupun kabupaten dan kota.

Kepala Bidang Bina Teknik DPU Bina Marga Jatim, Arif Endro Utomo, menambahkan, Jumlah pengguna yang sudah terdaftar per tanggal 31 Mei 2022 yaitu 3794 pengguna dan rekapitulasi pengaduan yang masuk dari tahun 2019-2022 sebanyak 751 pengaduan dimana kebanyakan berasal dari kabupaten/kota.

Dikatakannya, agar aplikasi ini semakin luas dimanfaatkan masyarakat, telah dilakukan sosialisasi pada 29 Juni 2022 atau seminggu lalu kepada kabupaten/kota. Sosialisasi akan terus diperluas dengan mengundang Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) di lingkup DPU Bina Marga Jatim, serta kabupaten/kota lainnya di wilayah Jatim.(sti)

#Jawa Timur #DPUBinaMarga