Selasa, 30 April 2024

DPRD Jatim Apresiasi Pembukaan Rute Bus Trans Jatim Surabaya - Bangkalan

Diunggah pada : 17 April 2024 14:43:45 105
Anggota DPRD Jatim, Mahhud ditemui di ruang komisi C DPRD Jatim. (Pca)

Jatim Newsroom - DPRD Jatim, Mahhud, S.Ag. menyatakan bahwa dirinya sangat setuju dan mendukung dengan target rencana kehadiran Koridor V Trans Jatim yang operasionalnya akan menjangkau hingga ke Bangkalan.

“Saya sangat apresiasi kehadiran Trans Jatim karena akan sangat membantu masyarakat Madura, khususnya Bangkalan,” ujarnya, Selasa (16/4/2024).

Namun, di sisi lain, politisi PDI Perjuangan tersebut juga menyayangkan target Dishub Jatim yang terkesan terburu-buru. Menurutnya, tempat pemberhentian bus di Bangkalan masih belum representatif dan memuliki fasilitas yang mewadahi. “Di Bangkalan itu sudah ada dan sudah dibangun terminal Tipe A tapi justru itu malah mangkrak dan tidak terawat,” bebernya.

Padahal, terminal Tipe A Bangkalan tersebut letaknya sangat strategis dekat dengan Jembatan Suramadu, sehingga sangat pas untuk mengakomodir transportasi umum seperti Trans Jatim. “Kita sudah berkali-kali minta kepada Dishub untuk melakukan pembenahan di terminal Tipe A Bangkalan tersebut namun malah terkatung-katung selama beberapa tahun, saya harap ada pembenahan barengan dengan target rencana operasional Trans Jatim ini,” imbuhnya.

Cak Mahhud sapaan akrabnya berharap, kehadiran Koridor V Trans Jatim nantinya dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat yang ingin ke Bangkalan maupun sebaliknya. “Kehadiran Trans Jatim harus bisa mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap kendaraan pribadi, ini dimaksudkan agar kemacetan juga bisa berkurang,” pungkasnya Mahhud yang juga anggota komisi C ini.

Sementara itu Ketua Komisi C DPRD Jawa Timur yang merupakan masyarakat Bangkalan Madura Abdul Halim mendukung penuh adanya rencana realisasi Bus Trans Jatim koridor Surabaya - Bangkalan.

Menurutnya saat hearing pada 15 Mei 2023 lalu,  dirinya mengusulkan agar layanan koridor V ini Surabaya - Bangkalan. "Jadi saat hearing, Dishub Jatim menyampaikan rencana layanan koridor IV dengan rute Terminal Bunder Gresik ke Terminal Paciran Lamongan. Nah saat itu saya menyampaikan nanti yang koridor V Surabaya - Bangkalan. Alhamdulillah ternyata usulan saya disetujui dan direalisasikan tahun imi," katanya.

Halim menambahkan dengan adanya Bus Trans Jatim Koridor V bisa meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bangkalan melalui sektor wisata. "Bangkalan memiliki banyak destinasi wisata religi, sejarah maupun kuliner. Ada makam Syaikhona Kholil, Makam Aermata Ebu, Bukit Geger, dan juga kuliner Bangkalan. Apalagi tidak lama lagi ada peletakan batu pertama pembangunan perpustakaan Islam terbesar di Indonesia," terangnya.

Halim mengaku program Gubernur Khofifah (Bus Trans Jatim) ini sangat diminati masyarakat. "Saya pernah merasakan langsung layanan transportasi publik ini. Gak cuma aman tapi juga nyaman dan mengurangi emisi," pungkasnya.(pca)

#dprd jatim