Selasa, 23 April 2024

Dosen Undika Ciptakan Stunning System, Inovasi Pelacak Prestasi

Diunggah pada : 21 Juni 2023 21:45:32 38
thumb

Jatim Newsroom - Tiga Dosen Universitas Dinamika (Undika) Surabaya menciptakan inovasi untuk melacak siswa yang memiliki potensi untuk berprestasi, baik akademik maupun non akademik melalui STUNNING (Student evaluation learning) system berbasis Automatic Item Generation (AIG). 

Sistem yang dikembangkan dosen-dosen Undika ini nantinya akan mempermudah Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dalam mencari siswa yang memiliki potensi di sekolah.

Ketua Peneliti STUNNING, Bambang, melalui rilis Humas Undika, menjelaskan, STUNNING merupakan system terintegrasi antara Dindik Jatim dengan satuan Pendidikan(SMA Sederajat). Inovasi ini mengadopsi konsep big data, yaitu data analytic yang dapat membantu Dindik Jatim mengambil keputusan terkait siswa-siswi yang akan diikutsertakan dalam kompetisi untuk mewakili Provinsi Jawa Timur. 

Jenis data yang digunakan adalah Predictive Analytics, yakni untuk memprediksi mata pelajaran apa yang paling banyak memiliki nilai tertinggi, serta bidang ilmu apa yang sedang tren saat ini untuk kompetisi nasional dan internasional,” jelas Bambang.

Sistem STUNNING ini besok Jumat akan diresmikan dan diberikan aksesnya secara simbolis oleh Undika bersama Dindik Jatim kepada perwakilan guru-guru MGMP SMA Sederajat di Jawa Timur. Untuk selanjutnya guru-guru tersebut akan mengisi soal-soal yang sesuai dengan mata pelajarannya masing-masing, sebelum diberikan kepada siswa.

"Harapan kami para peneliti, STUNNING system ini bermanfaat untuk Dindik Jatim khususnya bidang pembinaan SMA dapat mengetahui perkembangan hasil belajar siswa di sekolah, serta mencari siswa yang berpotensi untuk berprestasi di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.(sti)

#undika