Selasa, 7 Mei 2024

Dies Natalis ke-41, Undika Surabaya Turut Kampanyekan Urban Farming dan Indonesia Emas 2045

Diunggah pada : 25 April 2024 23:33:54 63
foto: sitimewa

Jatim Newsroom – Dalam rangka memperingati HUT ke-41, Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya) akan menyelenggarakan serangkaian acara Dies Natalis pada Selasa (30/04/2024) mendatang.

Acara Dies Natalis ke 41 tahun kali ini mengusung tema, ‘Bersatu, Berbenah, dan Berubah’ menuju Indonesia Emas 2045.

Rektor Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya), Budi Jatmiko, menjelaskan bahwa tema ini diusung sebagai ajakan kepada para civitas akademika Universitas Dinamika untuk selalu bersatu serta berbenah dalam menghadapi perubahan jaman dan perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan selalu siap dengan segala bentuk perubahan yang ada khususnya di dalam dunia pendidikan. “Sehingga kita mampu menjadi kampus yang bisa menghasilkan lulusan-lulusan terbaik dan berkontribusi mensukseskan program pemerintah dalam menyiapkan SDM Unggul untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045,” ujar Budi.

Nirra Swastika, selaku Ketua Pelaksana, menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan Dies Natalis tahun ini diawali dengan pawai motor listrik keliling kota Surabaya dengan membawa campaign untuk disampaikan kepada masyarakat yakni dukung eco-green dan Indonesia Emas 2045. Ditargetkan dalam pawai ini akan diikuti 41 motor listrik dari beberapa komunitas di Surabaya bersama dengan mahasiswa. Kami juga akan membagikan biji dan bibit melon emas sejumlah 41 kantong kepada para masyarakat umum,” ucap Nirra.

Melon emas dipilih sebagai upaya menggalakkan ‘urban farming’ atau pertanian perkotaan, seperti program yang digalakkan oleh Pemerintah Kota Surabaya. “Harapannya, dengan pembagian biji dan bibit melon emas ini, bisa membantu memberikan awareness kepada masyarakat mengenai program pemerintah kota Surabaya yang bertujuan untuk mengembangkan sektor pertanian serta meningkatkan komoditas unggulan buah melon emas di Surabaya,” sambung Nirra. 

Adapun rute pawai yang dimulai di Universitas Dinamika pada pukul 08:00, berlanjut ke Jalan Raya Prapen, Jalan Margorejo, Kebun Binatang Surabaya, Jalan Darmo, Tunjungan Plaza, Gedung Negara Grahadi, Taman Surya, RSUD Dr. Soetomo, LLDIKTI Wilayah VII, dan kembali ke Universitas Dinamika diperkirakan pukul 11:00. Untuk pembagian biji dan bibit melon emas akan dibagikan di depan area Kebun Binatang Surabaya.

Acara indoor Dies Natalis akan diselenggarakan pada pukul 09:00 – 11:00. Lalu, acara akan berlanjut pada jam 13:00 yang merupakan pertandingan final dari kedua games yang dilombakan serta pengumuman pemenang dan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba. Setelah games selesai, akan ada prosesi potong tumpeng yang akan dipimpin oleh Rektor Universitas Dinamika, Budi Jatmiko.

Perlu diketahui bahwa terdapat rangkaian acara lain di acara Dies Natalis ke 41 tahun, yaitu Pengukuhan Guru Besar Universitas Dinamika yang bertepatan di hari yang sama, yaitu Selasa (30/04/2024). Salah satu dosen sekaligus Wakil Rektor III Universitas Dinamika yang bernama Bambang Hariadi, berhasil meraih gelar profesor dalam Bidang Ilmu Teknologi Pembelajaran. 

Ia akan menyampaikan orasi ilmiah berjudul ‘Pembelajaran yang Menyenangkan pada Setiap Generasi’ yang diselenggarakan di Ruang Laksda Mardiono lantai 1 Universitas Dinamika pada pukul 09:00 – 11:00. Selain itu, akan ada pameran buku oleh ‘Andi Publisher’ dalam rangka memperingati Hari Buku Sedunia yang jatuh pada tanggal 23 April. Pameran ini diadakan sebagai upaya untuk merayakan dan mempromosikan manfaat dari buku dan membaca. (red)

 

#undika