Senin, 6 Mei 2024

Dosen Pengampu MPK Ikuti Penyusunan Kurikulum OBE

Diunggah pada : 24 November 2023 13:14:39 15

Jatim Newsroom- Dosen Universitas Brawijaya (UB) melaksanakan kegiatan penyusunan kurikulum OBE untuk mempercepat penyamaan persepsi serta kompetensi Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik

Direktur Direktorat Administrasi dan Layanan Akademik DALA, Rosihan Asmawa, Jumat (24/11/2023) mengatakan, kegiatan ini bermanfaat untuk dosen pengampu MPK (Matakuliah Pengembangan Kepribadian) agar di tahun 2023 ini ketercapaian dosen dalam mengikuti kegiatan kurikulum OBE ini bisa lebih maksimal. Kegiatan kali ini diikuti oleh 137 dosen pengampu MPK, para dosen pengampu MPK ini mengajar matakuliah Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia dan Agama.

OBE sendiri merupakan proses pembelajaran yang terfokus pada pencapaian hasil konkrit tertentu (pengetahuan, kemampuan dan perilaku yang berorientasi pada hasil). sementara metode pembelajaran dengan sistem kurikulum ini menggunakan metode case method dan problem base.

OBE melibatkan restrukturasi kurikulum, penilaian dan praktik pelaporan dalam pendidikan untuk mencerminkan pencapaian pembelajaran dan penguasaan tingkat tinggi dari akumulasi kredik mata kuliah.

Dalam sambutan pembukaan acara Penyusunan Kurikulum OBE untuk Matakuliah Pengembangan Kepribadian  (MPK) ini, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Prof. Dr.Ir. Imam Santoso, M.P mengatakan bahwa bahwa UB sedang menuju world class university.

Salah satu daya dukung untuk target tersebut, adalah kompetensi dosen dan metode pembelajaran. Kompetensi dosen dan metode pembelajaran diukur dari kurikulum yg digunakan dalam pelaksaan perkuliahan. Di UB sendiri sedang diberlakukan kurikulum berbasis OBE. Karena OBE dinilai lebih sesuai dengan tuntutan akademis dewasa ini, terutama dalam proses akreditasi internasional seperti AQAS dll.

Pada kesempatan terpisah, Kepala UPT Pengembangan Kepribdian Mahasiswa (UPT PKM) mengatakan bahwa untuk sepuluh (10) Matakuliah Pengembangan Kepribadian selam lebih satu tahun terakhir telah membuat SOP dan modul pembelajaran problem base dan telah dilaksanakan oleh para dosen pengampu MPK. Dengan demikian sinergi ini dapat mempercepat penguatan kompetensi dosen dalam pembelajaran kurikulum OBE. (jal)

#universitas brawijaya