Minggu, 5 Februari 2023

DKUPP Probolinggo Beri Pelatihan Ketrampilan Pembuatan Olahan Pisang Dan Singkong

Diunggah pada : 30 November 2022 13:24:18 3
DKUPP Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan ketrampilan pembuatan olahan pisang dan singkong

Jatim Newsroom - Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kabupaten Probolinggo memberikan pelatihan keterampilan pembuatan olahan pisang dan singkong, Selasa dan Rabu (29-30/11/2022).

Sekretaris DKUPP Kabupaten Probolinggo, Juwono Prasetijo Utomo, mengatakan, salah satu cara dalam pembangunan ekonomi ini dengan mengoptimalkan produk lokal. Produk lokal ini akan memberikan manfaat dalam mengoptimalkan sumber daya yang ada dan mampu memberikan suatu pengetahuan tentang suatu bahan yang memeiliki nilai ekonomis lebih.

“Dengan adanya produk lokal, pisang dan singkong sebagai potensi yang mampu meningkatkan ekonomi, khususnya masyarakat Leces. Dengan potensi pisang dan singkong yang melimpah kami berharap masyarakat atau pelaku usaha mikro di wilayah Kecamatan Leces bisa memanfaatkan pisang dan singkong menjadi produk unggulan di Kecamatan Leces,” katanya.

Juwono menerangkan, salah satunya bisa dimanfaatkan sebagan pembuatan sale pisang dan manisan tape. “Kami mengharap semua peserta memanfaatkan fasilitas pelatihan ini secara maksimal dengan tujuan menggerakkan warga di wilayah Kecamatan Leces untuk berinovasi dalam membuat produk olahan pisang dan singkong,” harapnya.

Menurut Juwono, disamping membuat suatu produk lebih penting lagi harus memikirkan bagaimana cara dalam memasarkan produknya. “Kita harus pintar-pintar memilih dari segi mana kita memasarkan produk, baik melalui offline maupun online,” terangnya.

Dalam strategi pemasaran produk UKM terang Juwono, seorang pelaku usaha harus mengetahui keinginan dari konsumen sehingga bisa menghadirkan produk yang diinginkan oleh para konsumen. “Untuk itu, perlu dilakukan evaluasi produk dengan cara melakukan inovasi demi mendapatkan produk terbaik,” pungkasnya.

Kepala Bidang Usaha Mikro DKUPP Kabupaten Probolinggo Zulkarnain mengungkapkan, pelatihan ketrampilan pembuatan olahan pisang dan singkong ini bertujuan untuk mengembangkan minat dan motivasi masyarakat untuk terjun ke dunia wirausaha serta menumbuhkan wirausaha baru.

“Selain itu, memberikan pengetahuan dan ketrampilan dalam pengembangan tata kelola usaha, produksi dan pemasaran serta meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.(ern/s)

#kabupaten probolinggo