Jumat, 26 April 2024

Dispersip Probolinggo Donasikan Buku Bacaan Bagi Taman Baca Dan Lembaga Pendidikan

Diunggah pada : 18 Oktober 2022 18:04:45 26
Kepala Bidang Pelayanan Pengembangan Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo Suryana Nuring Perbawani donasikan Buku Bacaan

Jatim Newsroom - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Probolinggo melakukan donasi buku bacaan kepada rumah baca/taman baca dan lembaga pendidikan yang membutuhkan buku di Kabupaten Probolinggo.

Buku bacaan yang didonasikan adalah hasil penyiangan buku-buku yang sudah berusia 5 tahun ke atas dan tersimpan di gudang Dispersip Kabupaten Probolinggo. Program donasi buku ini dilakukan untuk memenuhi permintaan buku yang dikirimkan oleh taman baca dan lembaga pendidikan.

“Selama ini, buku-buku bacaan tersebut tersimpan di gudang. Kemudian kita usulkan untuk dilakukan penghapusan dengan cara didistribusikan kepada lembaga pendidikan dan pondok pesantren yang selama ini memohon bantuan buku bekas,” kata Kepala Bidang Pelayanan Pengembangan Perpustakaan Dispersip Kabupaten Probolinggo Suryana Nuring Perbawani, Selasa (18/10/2022).

Nuring menjelaskan, donasi buku ini bertujuan untuk mendistribusikan buku-buku bacaan hasil penyiangan yang dilakukan oleh Dispersip untuk lembaga pendidikan dan pondok pesantre yang membutuhkan.

“Pelayanan perpustakaan keliling yang kita lakukan masih belum mampu menyentuh semua lembaga pendidikan di Kabupaten Probolinggo. Selain itu, buku bacaan yang tersedia masih kurang. Untuk memenuhi permintaan buku tersebut, kita melakukan penyiangan buku dan mendistribusikan ke lembaga pendidikan yang mengirimkan permohonan bantuan buku,” jelasnya.

Menurut Nuring, hingga kini jumlah buku hasil penyiangan yang sudah didistribusikan kepada taman baca dan lembaga pendidikan sebanyak 2.123 eksemplar. Kategori buku-buku yang didistribusikan dilakukan secara acak dan berdasarkan ketersediaan yang ada. Masing-masing lembaga kita berikan 150 hingga 450 eksemplar.

“Harapannya, selain untuk memenuhi permintaan dari lembaga juga untuk mempermudah masyarakat mengembangkan literasinya. Ini solusi apabila pelayanan perpustakaan keliling dirasa masih kurang. Setidaknya dengan donasi buku ini, lembaga bisa memiliki koleksi buku sendiri. Mudah-mudahan dengan donasi buku, perpustakaan bisa menyediakan buku bacaan bagi masyarakat,” pungkasnya.(ern)

#kabupaten probolinggo