Kamis, 19 September 2024

Disnakertrans Jatim Gelar Acara Peringatan Harlah Ketenagakerjaan RI ke - 76

Diunggah pada : 24 Juli 2024 16:13:02 111
Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3, Tri Widodo saat menyampaikan sambutannya pada acara Peringatan Harlah Ketenagakerjaan RI ke-76, di Surabaya, Selasa (23/7/2024). Foto : Disnakertrans Jatim

Jatim Newsroom - Guna memperingati Hari Lahir (Harlah) Ketenagakerjaan Republik Indonesia ke-76, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur (Disnakertrans Jatim) menggelar acara tasyakuran bersama, di Surabaya, Selasa (23/7/2024). 

Dalam keterangannya kepada Jatim Newsroom, Rabu (24/7/2024), Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3, Tri Widodo, S.T.,S.H,.M.H menyampaikan, acara peringatan Harlah Ketenagakerjaan RI ke-79 kali ini bertajuk '76 Tahun Pengawasan Ketenagakerjaan Hadir Mengabdi untuk Kemajuan Negeri'. 

"Sebenarnya acara ini untuk internalnya Pengawas Ketenagakerjaan Provinsi Jawa Timur. Namun karena peringatan ini juga diperingati serentak nasional, maka kami juga mengundang stakeholder lain. Ada PJK 3, ada APINDO, ada Pekerja Serikat Buru, ada Jamsostek atau BPJS, dan juga kita mengundang para Purnawirawan Pengawas Ketenagakerjaan. Jadi kita adakan semeriah mungkin di Jawa Timur," jelas Tri Widodo.

Rangkaian acara peringatan, Tri Widodo menerangkan, lebih sederhananya dalam acara ini diadakan potong-tumpeng secara nasional bersamaan yang juga dihadiri di kementerian. 

"Yang sudah terinfo di 13 provinsi. Kita serempak nanti potong-tumpeng di Zoom. Pakai Zoom kita ditampilkan secara nasional. Itu juga kita beramah-tamahlah yang di Jatim sesuai undangan yang kami undang tadi," terang Tri Widodo.

Seluruh peserta acara Harlah Ketenagakerjaan RI ke-76, di Surabaya, Selasa (23/7/2024). Foto : Disnakertrans Jatim

Tri Widodo mengatakan, sebenarnya Pengawas Ketenagakerjaan itu sesuai dengan Undang-Undang 351 tentang Perburuhan bahwa apa yang dilakukan pengawas itu menjalankan fungsi negara. 

"Apa fungsi negara dalam hal pengawasan itu lebih ke arah kepatuhan terhadap ketentuan Undang-Undang Ketenagakerjaan yang diharapkan hubungan industrial yang ada bisa harmonis, di Jawa Timur investasinya lebih kuat, masyarakatnya bisa lebih sejahtera. Itu harapan kami semua," tuturnya.

Dinas Ketenagakerjaan Jatim, ucap Tri Widodo, kebetulan salah satu bidangnya itu ada yang namanya Pengawas Ketenagakerjaan dan K3 ini, banyak harapan ke depan melalui Harlah Ketenagakerjaan ini terutama terhadap layanan Ketenagakerjaan agar lebih baik lagi. 

"Kita bisa menjadi percontohan nasional dengan capaian-capaian yang ada. Contohnya kita merupakan pembina terbaik K3 Nasional tahun berturut-turut. Dan masih banyak hal lagi di kompetensi kita yang seharusnya kita akan lebih baik lagi," pungkasnya. (vin/s)

#Ketenagakerjaan #K3 #Disnakertrans Jatim