Selasa, 7 Mei 2024

Diskominfo Jatim Gelar Anugerah Pewarta Warga 2023

Diunggah pada : 30 Agustus 2023 18:19:02 161
Sekertaris Dinas Kominfo Jatim, Suharlina Suharlina Kusumawardani yang mewakili Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin membuka sosialisasi APW ke kelompok KIM kabupaten/kota di kantor Kominfo Jatim. (Audi)

Jatim Newsroom – Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur kembali menggelar Anugerah Pewarta Warga (APW) 2023. Dimana Anugerah ini merupakan wadah apresiasi bagi para anggota Komunitas Informasi Masyarakat (KIM), mahasiswa, juga pegiat media sosial yang telah menyampaikan informasi positif kepada masyarakat.

“Hari ini ada dua kegiatan positif yang dilaksanakan Diskominfo Jatim, yaitu pemberian penghargaan kepada humas atau public relation bagi pemerintah di kabupaten/kota, yang kedua Kominfo Jatim juga memberikan penghargaan kepada masyarakat yang tergabung di KIM di kabupaten/kota yang telah memberikan kontribusi menyampaikan informasi kepada masyarakat yang positif dan menangkal Hoaks,” kata Sekertaris Diskominfo Jatim, Suharlina Kusumawardani mewakili Kadis Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin usai membuka sosialisasi APW ke kelompok KIM kabupaten/kota di kantor Kominfo Jatim, Rabu (30/8/2023).

Dikatakannya, dengan adanya masyarakat yang tergabung KIM, Mahasiswa, dan pegiat media sosial  ini pemerintah provinsi Jawa Timur merasa terbantu dalam menyampaikan informasi program pemerintah ke masyarakat dan sebaliknya masyarakat juga memberikan informasi ke pemerintah.

“Peran KIM, Mahasiswa, dan Pegiat medsos dalam menyampaikan informasi yang positif kepada masyarakat perlu diapresiasi oleh Pemerintah Provinsi melalui Diskominfo Jatim. Sehingga mereka akan termotivasi  dalam sebagai mitra pemerintah mewujudkan informasi melalui konten yang positif, edukatif dan menarik bagi masyarakat,”ujarnya.

Terkait dengan juri atau tim penilai APW 2023 ini, ia  mengatakan Diskominfo telah bekerjasama pratiksi Media Sosial, Media Massa, dan juga dari pihak Universitas di Jatim. Di era perkembangan digital seperti saat ini, produksi informasi bukan lagi hanya domain media massa mainstream, tapi sudah menjadi milik siapapun yang menggunakan media sosial.

Anggota masyarakat, yang aktif menyampaikan informasi positif inilah yang dikenal sebagai pewarta warga atau citizen journalist. Para pewarta warga ini juga merupakan mitra strategis pemerintah untuk menyampaikan informasi kebijakan dan program kerja pemerintah kepada masyarakat.

“Adanya ajang kompetisi ini sekaligus memaksimalkan peran keduanya dalam menyampaikan informasi fakta ditengah maraknya berita hoaks. Dan kepada Mahasiswa dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan partisipsi pemilu 2024, dengan menjadi pemilih yang cerdas dan mewujudkan pemilu anti hoaks. Serta mengedukasi terwujudnya pemilu berkualitas,”pungkasnya. (pca/hjr)

 

 

#Diskominfo #kominfo jatim #sherlita