Minggu, 5 Mei 2024

Diskan Probolinggo Gelar Kampung Nelayan Bersih

Diunggah pada : 17 November 2023 12:28:24 15
Sumber foto: Diskominfo Probolinggo

Jatim Newsroom - Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan kampung nelayan bersih di Desa Gejugan, Kecamatan Pajarakan, Rabu dan Kamis (15-16/11/2023).

Mengutip rilis Pemkab Probolinggo, Kegiatan yang dihadiri oleh Analis Kenelayanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Sita Hurnawati, Kepala Desa Gejugan bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas ini diikuti oleh 50 orang peserta terdiri dari tokoh masyarakat, nelayan dan kader PKK Desa Gejugan Kecamatan Pajarakan.

Selama kegiatan mereka mendapatkan materi sosialisasi pengelolaan sampah di Desa Gejugan oleh Kepala Desa Gejugan, pembinaan pengolahan sampah oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, pembagian kelompok kerja kampung nelayan bersih serta koordinasi dan pembagian kerja titik target pembersihan oleh koordinator lapangan.

Untuk hari pertama dilakukan pembinaan dan pembentukan kelompok kader kebersihan untuk RT dan hari kedua dilakukan kerja bakti bersih-bersih lingkungan. Fokus kegiatan dilakukan di Dusun Gilin Desa Gejugan yang merupakan kampung pemukiman nelayan.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo, Achmad Aruman melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap, Hari Pur Sulistiono mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mendorong masyarakat nelayan untuk sadar akan pentingnya lingkungan, terutama pengelolaan sampah untuk kelestarian laut dan kesehatan masyarakat.

“Harapannya setelah pembinaan program dapat dilanjutkan oleh masyarakat dan pemerintah desa yang nantinya dapat bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo untuk pengangkutan sampah ke TPA,” katanya. (ghf/s)

#kampung nelayan #kabupaten probolinggo #dinas perikanan