Sabtu, 27 April 2024

Disbudpar Jatim akan Optimalkan Anjungan Cerdas Bendungan Tugu Trenggalek

Diunggah pada : 29 Desember 2022 13:34:17 186
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Hudiyono saat melakukan kunjungan ke Rest Area Anjungan Cerdas Bendungan Tugu Trenggalek, di Kabupaten Trenggalek, Kamis (29/12/2022). Foto: Yanu/JNR

Jatim Newsroom - Pengembangan ekonomi kreatif, etalase UMKM, serta sport tourism dari wisata domestik menjadi salah satu perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Timur. 

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur, Hudiyono saat melakukan kunjungan ke Rest Area Anjungan Cerdas Bendungan Tugu Trenggalek, di Kabupaten Trenggalek, Kamis (29/12/2022). 

Anjungan Cerdas Bendungan Tugu Trenggalek ini dikemas sebagai tempat edukasi wisata Jawa Timur selatan. 

Kawasan wisata seluas 22.490 m2 ini bisa digunakan untuk penyelenggaraan event, pelatihan, dan kegiatan-kegiatan berkapasitas 5ribu s.d. 10ribu orang. 

Hudiyono menerangkan, pemerintah juga menyediakan etalase untuk diisi oleh UMKM agar bisa mempromosikan produk-produk lokal dan makin berkontribusi terhadap perputaran roda ekonomi di wilayah setempat, yaitu Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek khususnya.  

"Selain menyasar ekonomi kreatif, sport tourism juga menjadi perhatian. Nilai-nilai olahraga masyarakat atau tradisional seperti trompah, gobak sodor, dan egrang diharapkan bisa terangkat," ujar Hudiyono. 

Pemerintah pusat dan daerah, lanjutnya, juga terus memantau dan memudahkan akses ke lokasi wisata domestik ini, baik akses yang tembus dari Tulungagung maupun dari arah Trenggalek ke Ponorogo. 

Adapun salah satu promosi digital yang sudah dilakukan adalah melalui website jatim.travel/anjungancerdas/ berupa tampilan video dengan kamera 360. 

Video tersebut menunjukkan tampilan secara real dan detail mulai dari gerbang depan, halaman parkir, gapura, galeri, convention center, food court, ruang workshop, gardu pandang, dll dari berbagai sisi. 

Ke depan, publikasi digital akan semakin digencarkan untuk memviralkan, khususnya melalui media sosial yang dekat dengan generasi muda. 

"Disbudpar Jatim akan berkolaborasi dengan pemerintah dan tokoh masyarakat setempat untuk mengoptimalkan penggunaan maupun publikasi dari salah satu lokasi wisata ini. Jadi Pesona Jawa Timur dan Wonderful Indonesia semakin menambah semangat Optimis Jatim Bangkit," terang Hudiyono.  

Turut hadir mendampingi dalam acara ini, antara lain: Sekretaris Disbudpar Jatim, Dian Okta Yoshinta; Kabag TU dan Kepegawaian Disbudpar Jatim, Marfu'ah Suharti; dan Ketua KORMI Kabupaten Trenggalek, Edi Anto Agus Winarno. (idc/n)

#Kabupaten Trenggalek #Anjungan Cerdas Bendungan Tugu