Jumat, 26 April 2024

Dinsos Probolinggo Gelar Bimtek Bagi Calon PSM

Diunggah pada : 17 Oktober 2022 18:37:49 34
Bimtek bagi calon Pekerja Sosial Masyarakat (PSM)

Jatim Newsroom - Dinas Sosial Kabupaten Probolinggo mengadakan bimbingan teknis (bimtek) calon Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dalam upaya meningkatkan partisipasi masyarakat di dalam penanganan masalah sosial, Senin (17/10/2022).

Kepala Dinsos Kabupaten Probolinggo Achmad Arif, mengatakan, PSM memiliki peran vital dan harus ditingkatkan pengetahuan dan ketrampilan dasarnya sehingga dapat meningkatkan kinerja PSM di dalam mengatasi permasalahan sosial.

“PSM sebagai salah satu pilar-pilar sosial mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial serta meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menangani masalah sosial guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang sejahtera,” katanya.

Menurut Arif, warga masyarakat yang memiliki keberfungsian sosial yang mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri dan tertanganinya masalah sosial. “Ikutilah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sebagai tambahan ilmu bagi saudara di dalam pengabdian sebagai PSM. Yakinlah apa yang dilakukan selaku PSM adalah bagian dari ibadah,” pungkasnya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial pada Dinsos Kabupaten Probolinggo Rigustina mengungkapkan, kegiatan diikuti oleh 27 orang dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Probolinggo dari unsur masyarakat yang mempunyai kepedulian tinggi terhadap penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan sebagai penguatan kelembagaan PSM serta memberikan bekal pengetahuan kepada calon PSM tentang dasar-dasar praktik penanganan PMKS. “Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan tenaga PSM yang menangani berbagai macam permasalahan sosial,” ungkapnya.(ern)

#kabupaten probolinggo