Kamis, 13 Juni 2024

Dinkes Probolinggo Lakukan Evaluasi AKB dan TOT

Diunggah pada : 6 Oktober 2022 9:26:45 51
Evaluasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Training of Trainer (ToT) program Breakthrough Action (BA) for Covid-19

Jatim Newsroom - Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo melakukan evaluasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan Training of Trainer (ToT) program Breakthrough Action (BA) for Covid-19 bagi pelaksanaan promkes dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Probolinggo, Rabu (5/10/2022).

Kegiatan diikuti oleh 42 orang Pelaksana Promkes Puskesmas dari 33 Puskesmas se-Kabupaten Probolinggo. Selama kegiatan mereka mendapatkan materi kondisi kasus dan capaian vaksinasi Covid-19 Kabupaten Probolinggo, program Breakthrough Action (BA) For Covid-19 tentang strategi kampanye SIAP dan pelibatan masyarakat yang terintegrasi serta TOT CE Kits dari narasumber Dinkes Kabupaten Probolinggo dan Tim Program BA for Covid-19 USAID- Jakarta.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo melalui Penyuluh Kesehatan Masyarakat Muda, Sri Rusminah, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan monitoring dan evaluasi kegiatan AKB dan meningkatkan ketrampilan petugas dalam melakukan strategi kampanye SIAP pada masyarakat Kabupaten Probolinggo.

”Selain itu, mengetahui kondisi kasus dan capaian vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Probolinggo, memahami tentang strategi program Breakthrough Action (BA) For Covid-19 dan terampil dalam pelaksanaan kampanye SIAP,” katanya.

Rusminah menjelaskan promosi kesehatan adalah upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat melalui pembelajaran dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat agar mereka dapat menolong diri sendiri serta mengembangkan kegiatan yang bersumber daya masyarakat sesuai sosial budaya setempat dan didukung kebijakan publik yang berwawasan kesehatan.

”Pembangunan kesehatan tidak semata menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga harus melibatkan seluruh elemen masyarakat melalui pemberdayaan masyarakat sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya,” jelasnya.

Menurut Rusminah, strategi yang dilakukan Dinkes Kabupaten Probolinggo untuk mendukung pemberantasan penyakit menular khususnya Covid-19 dengan cara mendukung dalam peningkatan capaian vaksinasi Covid-19 pada sasaran umum maupun lansia.

“Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat lebih paham untuk menerapkan adaptasi kebiasaan baru serta di era pandemi serta memiliki kesadaran dan berperan aktif dalam vaksinasi Covid-19,” pungkasnya.(ern/s)

#kabupaten probolinggo