Sabtu, 2 Maret 2024

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto Raih Kategori Madya PISA

Diunggah pada : 1 Desember 2023 18:05:18 48
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto Raih Kategori Madya Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) Pertama yang diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam memperingati Hari Anak Sedunia (HAS) ldi selenggarakan di Dunia Fantasi (Dufan) Jakarta pada bulan lalu. Foto: dok.Disperpusip Mojokerto

Jatim Newsroom - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto Raih Kategori Madya Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) Pertama. Penghargaan ini diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam memperingati Hari Anak Sedunia (HAS) ldi selenggarakan  di Dunia Fantasi (Dufan) Jakarta pada bulan lalu.

Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Mojokerto, Abd Rachman Tuwo, di kantornya, Jumat (1/12/2023) mengatakan, ini merupakan suatu kebanggaan bagi Kota Mojokerto menjadi salah satu instansi yang meraih penghargaan dalam Program PISA dengan kategori Madya se-Indonesia. Mojokerto meraihnya bersama 5 instansi lainnya langsung dari Menteri PPPA, Ibu I Gusti Ayu Bintang Darmawati.

Pada kesampatan ini, I Gusti Ayu Bintang Darmawati atau juga dikenal sebagai Bintang Puspayoga, menyerukan dan mengajak semua pihak untuk berkomitmen dengan tidak mengeksploitasi anak pada masa Pemilu sekarang ini.

Komitmen tersebut dikuatkan dengan penandatanganan Surat Edaran Bersama (SEB) antara Kemen PPPA bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) sebagai bentuk bahwa negara hadir untuk melindungi anak-anak di Indonesia dengan menciptakan demokrasi dan pemilu yang ramah anak.

Peringatan Hari Anak Sedunia (HAS) ini sebagai momentum bagi Kemen PPPA untuk memberikan beberapa penghargaan tematik pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak tahun 2023. 

Penghargaan yang diberikan antara lain adalah Program Sekolah Ramah Anak (SRA), Program Pelayanan Ramah Anak di Puskesmas (PRAP), Program Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA), Program Ruang Bermain ramah Anak (RBRA), Program Daycare Ramah Anak atau Taman Asuh Ceria (TARA), Program Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA), dan Program Lembaga Perlindungan Khusus Ramah Anak (LPKRA). (hen/s)

#jatim #Kota Mojokerto