Kamis, 2 Mei 2024

Didanai APBN, Lebarkan Jalan MT Haryono Ponorogo Jadi 10 Meter

Diunggah pada : 15 Agustus 2023 7:18:40 61
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko beserta rombongan meninjau langsung jalan MT Haryono yang bakal dilebarkan, Senin (14/8/2023). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Jalan Mas Tirtodarmo (MT) Haryono Ponorogo bakal  lapang. Proyek pelebaran jalan termasuk irigasi yang dibiayai APBN menyentuh ruas jalan sepanjang 750 meter mulai Perempatan Tambakbayan hingga Jembatan Asem Buntung. Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko sengaja turun gunung menyosialisasikan  pelaksanaan pembangunan yang diproyeksikan rampung akhir November itu. 

Pembangunan jalan dan saluran di dua sisi itu berada di depan sejumlah rumah warga Kelurahan Mangkujayan dan Kelurahan Jingglong. Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—meminta masyarakat mafhum dengan kegiatan pelebaran jalan menjadi 10 meter dan saluran air masing-masing selebar 1,5 meter yang perencanaannya sudah berlangsung lama tersebut.  ‘’Baru terealisasi ketika Pak Ali Mufthi menjadi anggota Komisi V DPR RI,’’ katanya, Senin (14/8/2023).

Menurut Kang Bupati, pelebaran Jalan MT Haryono akan mengurai kemacetan yang kerap muncul di sekitar traffic light. Bersamaan itu, mengatasi problem banjir setiap penghujan di ujung barat Jalan Sumatra yang sudah menahun. ‘’Dua manfaat yang kita dapat sekaligus,’’ terangnya. 

Sementara itu,   Petugas Penilik Jalan (PPK) 2 Madiun Imam Syafi'i mengatakan bahwa setiap pelaksanaan pelebaran ruas jalan selalu diawali dengan sosialisasi. Dia menyebut total lebar jalan ditambah saluran menjadi 13 meter. ''Tanah milik jalan itu 16,5 meter. Kalau yang dimanfaatkan hanya 13 meter, insyaAlah tidak mengenai lahan milik warga,’’ jelas Imam.  

Dia mengungkapkan, ada dua segmen proyek pelebaran jalan dan saluran di Karesidenan Madiun. Yakni, di Desa Pagotan Kecamatan Geger Kabupaten Madiun dengan panjang sekitar 2,5 kilometer. ‘’Yang kedua di Ponorogo dengan panjang jalan sekitar 750 meter,’’ ungkapnya. (why)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo