Sabtu, 2 Maret 2024

Diah Natalisa : Inovasi adalah Modal Menangkan Persaingan

Diunggah pada : 23 November 2023 16:26:26 28
Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Diah Natalisa bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak dan Kepala Dinas Kominfo Jatim, Sherlita Ratna Dewi Agustin dalam pembukaan Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2023, di Kota Batu, Kamis (23/11/2023). Foto: Henry/JNR

Jatim Newsroom - Inovasi adalah energi untuk menciptakan perubahan. Inovasi adalah solusi untuk mengatasi permasalahan. Inovasi adalah modal bagi kita semua untuk memenangkan persaingan. 

Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Diah Natalisa dalam pembukaan Pameran dan Simposium Inovasi Pelayanan Publik Jawa Timur 2023, di Kota Batu, Kamis (23/11/2023). 

Diah menerangkan, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK) bertujuan untuk menjaring praktik baik pelayanan publik dari seluruh instansi pemerintah sebagai salah satu strategi peningkatan kualitas pelayanan publik. 

“Inovasi bukan hanya tentang membawa teknologi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Namun, dapat berupa aspek-aspek lain yang pada intinya mendorong perbaikan kualitas kinerja penyelenggaraan pelayanan publik,” tegasnya dalam acara yang dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. 

Perlu diketahui, Pameran Inovasi Pelayanan Publik dan Jatim Bureaucracy Fest 2023 digelar selama tiga hari, pada tanggal 23-25 November 2023 di halaman parkir Jatim Park 3 Kota Wisata Batu. 

Pameran ini menghadirkan 135 stan pameran, antara lain dari Kementerian PAN-RB, perangkat daerah dan rumah sakit di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten/Kota di Jawa Timur, BUMD, Polresta, hingga UMKM. 

Adapun penganugerahan Penghargaan Pelayanan Publik 2023 yang diberikan adalah Top Inovasi Terpuji Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik (KOVABLIK), Reformasi Birokrasi, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Layak Berpredikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), dan Budaya Kerja CETTAR. 

Sejumlah rangkaian kegiatan juga digelar, antara lain inovasi pelayanan publik dan talkshow, pemeriksaan kesehatan gratis, dan bazaar sembako murah. 

Selain itu, juga ada Layanan Administrasi Kependudukan, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Identitas Kependudukan Digital (IKD), Kartu Identitas Anak (KIA). 

Ada pula perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Serta, layanan penerbitan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Pajak Kendaraan. (idc/s)

#Wakil Gubernur Jatim #pelayanan publik #Inovasi Pelayanan Publik #PAN-RB