Senin, 6 Mei 2024

Di Ponorogo: Rasio 1 Guru Berbanding 11 Siswa

Diunggah pada : 3 Agustus 2023 18:18:45 32

Jatim Newsroom - Rasio antara jumlah guru dan siswa di Ponorogo mendekati angka ideal, yaitu seorang guru membimbing 11 siswa.  Data pokok pendidikan (dapodik) milik Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Ponorogo mencatat jumlah guru mencapai 8.037 orang dengan total 87.433siswa untuk jenjang pra-sekolah dasar (SD) hingga SMP. 

Kepala Dinas Pendidikan (Kadindik) Ponorogo, Nurhadi Hanuri, mengatakan, rasio 1 : 11 antara guru dan siswa itu menandakan upaya pemerintah daerah dalam memperkuat sektor pendidikan. Dengan perbandingan yang rendah berarti siswa mendapatkan perhatian dan pengawasan yang dari guru. “Perlu penataan yang lebih baik agar proses belajar mengajar berlangsung optimal,” kata Nurhadi, Kamis (3/8/2023).

Meskipun rasio jumlah guru dan siswa sudah cukup seimbang, Kadindik menilai tetap diperlukan upaya-upaya untuk menjaga kualitas pendidikan. Peranan seorang guru tetap menjadi pemegang kunci pendidikan. “Para guru dituntut untuk terus berinovasi dalam menunjang proses belajar di kelas," jelasnya.

Secara formal, guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Definisi tersebut terlampir dalam Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Menurut Kadindik, pihaknya terus memantau dan mengevaluasi rasio jumlah guru dengan siswa. Bersamaan itu, memastikan ketersediaan fasilitas dan sarana pendidikan yang memadai untuk menjamin kualitas pembelajaran. “Pelatihan dan pengembangan kualitas guru juga perlu terus dilakukan agar dapat memberikan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik,” ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo