Kamis, 2 Mei 2024

Di Ponorogo, Kadis Kominfo Jatim Ajak Bangun Ruang Digital yang Sehat

Diunggah pada : 4 September 2023 7:11:19 63
Talkshow Indonesia Makin Cakap Digital, di Aloon-Aloon Kabupaten Ponorogo, Minggu (3/9/2023) malam. Foto: Henry/JNR

Jatim Newsroom - Pemerintah pusat dan daerah terus bersinergi mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) talenta digital. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (Kominfo Jatim), Sherlita Ratna Dewi Agustin, pun mengajak masyarakat untuk membangun ruang digital yang sehat.

Hal tersebut Ia sampaikan saat menjadi salah satu narasumber dalam talkshow Indonesia Makin Cakap Digital, di Aloon-Aloon Kabupaten Ponorogo, Minggu (3/9/2023) malam. Kegiatan ini diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika).

"Salah satu pilar dari literasi digital adalah etika digital. Kita semua harus pandai-pandai Saring sebelum Sharing. Kominfo Jatim menyediakan Klinik Hoaks. Melalui aplikasi tersebut, kami membuka ruang bagi seluruh Warga Jatim untuk mengecek kebenaran sebuah informasi. Kalau benar dan bermanfaat, silakan dibagikan," ujar Kadis Sherlita.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur, Sherlita Ratna Dewi Agustin juga menerangkan tentang empat pilar literasi digital, yaitu etika digital, budaya digital, keterampilan digital, dan keamanan digital.

Sebagai informasi, Kementerian Kominfo RI memiliki target hingga tahun 2024 menjangkau 50 juta masyarakat mendapatkan literasi di bidang digital. Secara spesifik untuk tahun 2023, target yang telah dicanangkan adalah 5,5 juta masyarakat dari berbagai kalangan.

Direktur Jenderal Aptika, Kementerian Kominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan pun mengatakan sinergi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah diperlukan untuk terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) talenta digital di tengah penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan internet saat ini yang semakin masif.

Kegiatan bertajuk "Tantangan Transformasi Ekonomi Digital bagi Kemajuan Perekonomian" ini menyajikan dua sesi talkshow. Selain dari unsur pemerintah seperti Kepala Dinas Kominfo Jatim, Bupati Ponorogo, dan DPR RI, juga dilengkapi dengan kehadiran para influencer sebagai narasumber.

Ponorogo pun kedatangan dua band papan atas yaitu Naff dan D'Masiv yang turut memeriahkan kegiatan ini. Selain menghibur dengan lagu-lagu mereka, kedua band tersebut juga mengajak para penonton yang hadir untuk Makin Cakap Digital. (idc/s)

#kominfo jatim #literasi digital #sherlita #makin cakap digital