Sabtu, 4 Mei 2024

Desa Karang Duren Pelopor Kampung Donor Darah di Kabupaten Jember

Diunggah pada : 6 Juni 2023 13:55:08 107
Kegiatan donor darah di Desa Karang Duren Kabupaten Jember.

Jatim Newsroom - Kampung Karang Duren, Desa Karang Duren Kecamatan Balung Kabupaten Jember menjadi pelopor kampung donor darah kini bahkan melebarkan sayapnya tidak hanya anggota karang taruna karang duren saja yang ikut donoh darah.

Kini banyak warga Desa Tutul, Desa Wringin Telu, Desa Bagon, Desa Balungkidul bahkan Desa Kasiyan Timur Kecamatan Puger ikut meramaikan kegiatan donor darah di Kampung Donor Karang Duren.

Dari rilis PMI Jatim Senin (5/6/2023), Kampung Donor Karang Duren kembali kerjasama dengan UDD PMI Kabupaten Jember menyelenggarakan donor darah, Minggu, (5/6) di Balai Desa. Hasilnya, ada 47 orang yang ikut donor darah. Dari jumlah itu, 37 orang lolos donor darah. Yang 10 tidak bisa melanjutkan donor darah karena tidak lolos screening karena tensi terlalu rendah atau terllau tinggi atau HB-nya tidak standar.

"Alhamdulillah, antusias warga yang donor bukan hanya dari Desa Karangduren saja tetapi juga dari Desa-desa lain seperti Desa Tutul, Desa Wringin Telu, Desa Bagon, Desa Balungkidul bahkan Desa Kasiyan Timur-Puger," kata Titin Ariani, Koordinator Kampung Donor Karang Duren.

Dia menjelaskan, masyarakat Desa Karang Duren kini sudah banyak yang tahu kegiatan rutin yang digelar di Balai Desa Karang Duren."Masyarakat sudah banyak yang faham akan manfaat donor darah sehingga mereka datang sendiri tidak perlu pengerahan," ungkapnya.

Dia menjelaskan, pada awal kegiatan donor darah, Karang Taruna Karang Duren melakukan sosialisasi massif ke masyarakat. "Dulu Karang Taruna Karang Duren berkreasi dengan memberikan hadiah kepada para pendonor, hadiahnya macam-macam," imbuhnya.

Kreasi tersebut, sambungnya, membuahkan hasil banyak relawan pendonor pemula datang ke acara donor darah. Malah kini, banyak relawan pendonor yang berasal dari kabupaten sekitar Desa Karang Duren.

"Kegiatan Donor Darah dilakukan oleh petugas UDD PMI Kabupaten Jember seperti Elvy Setya, Prasetya Andi P, Syafira Kirana, Maulidyah Nurul Atika dan Ahmad Tamami sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan lancar," ujar Awan Darminto, pentolan Kampung Donor Karang Duren lainnya. (pno/hjr)

#Donor darah #Kabupaten Jember #PMI Jatim