Senin, 15 April 2024

Capaian Vaksin Polio Tembus Angka 90 Ribu, Ponorogo Ranking Lima Jatim

Diunggah pada : 20 Februari 2024 22:09:08 30
Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Anik Setiyarini saat dijumpai di ruang kerjanya, Selasa (20/2/2023). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Kepedulian kaum ibu di Ponorogo DALAM membentengi anaknya dari serangan virus polio pantas mendapat acungan dua jempol. Terbukti, ada   90.319 anak usia 0-7 tahun yang sudah mendapatkan vaksin oral polio vaccine type 2 (nOPV2) bersamaan pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) tahap pertama yang dimulai 15 Januari lalu. Capaian itu melebihi target 80.206 anak hingga Ponorogo menempati ranking lima dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 

Kepala Bidang Pemberantasan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo Anik Setiyarini berharap capaian PIN polio tahap kedua yang dimulai 19 Februari-25 Februari tidak beranjak dari angka 90 ribu anak. Di hari pertama pelaksanaan imunisasi, sudah 25,5 persen dari peserta imunisasi tahap pertama yang antre mendapatkan vaksin oral itu. ‘’Petugas kami melakukan jemput bola dengan door to door mendatangi sasaran imunisasi.  Dalam satu viral vaksin untuk 50 anak, jangan sampai tersisa supaya tidak terbuang mubazir,’’ kata Anik, Selasa (20/2/2023).  

Pihaknya mengapresiasi antusias para ibu menyertakan anaknya dalam PIN polio agar terhindar dari cedera saraf dengan risiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga kematian. Dinkes Ponorogo menyiapkan 2.191 pos pelayanan vaksin polio di puskesmas, posyandu, dan sekolah. ‘’Silakan datang ke pos pelayanan terdekat,’’ pinta Anik. 

Angka kesakitan akibat polio yang lumrah menyerang anak-anak sejatinya sudah dalam batas amat rendah. Jika sekali muncul kasus, maka bakal menjadi kejadian luar biasa (KLB). Kasus polio kali terakhir ditemukan pada akhir 2023 di Pamekasan, Jawa Timur dan di Klaten, Jawa Tengah. Anik tidak berharap kasus polio yang yang disebabkan oleh infeksi virus itu muncul di Ponorogo. ‘’Vaksin ini penting untuk membentuk imunitas kepada anak-anak agar tidak terjangkit penyakit,’’ ungkapnya. (why/hjr)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo