Jumat, 3 Mei 2024

Bupati Ponorogo Salurkan Fasilitas Program Pena kepada 85 KPM 

Diunggah pada : 10 November 2023 18:36:48 48
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menyerahkan fasilitas program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) kepada keeluarga penerima manfaat di Aula Bappeda Litbang, Jum'at (10/11/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko secara simbolis menyalurkan fasilitas program Pena kepada 85 KPM di aula Bapedda Litbang, Jum'at (10/11/2023). Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (Pena) menawarkan ke keluarga penerima manfaat (KPM) tidak lagi mendapatkan bantuan sosial (bansos), melainkan memilih fasilitas modal usaha. Penerima manfaat program ini berada dalam rentang usia produktif antara 20 hingga 40 tahun. 

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Ponorogo, Supriadi, menyebut realisasi program Pena itu senilai Rp 425 juta. Setiap KPM mendapatkan jatah berkisar Rp 4 juta hingga Rp 5 juta dalam bentuk alat pendukung usaha. Seperti kompor, blender, lemari pendingin, dan gerobak sate. ‘’Program ini dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat agar dapat mengembangkan kewirausahaan dengan memberikan fasilitas modal usaha,’’ kata Supriadi. 

Dia berharap puluhan KPM yang menjadi bagian program Pena itu mampu menjalankan usaha secara berkelanjutan. Kementerian Sosial secara pelahan sengaja mengurangi bantuan kepada warga yang fisiknya masih kuat.   Program Pena menawarkan dukungan penguatan usaha serta penguatan produksi. ‘’Mereka yang sebelumnya penerima bansos aktif dengan sendirinya akan keluar dari DTKS (data terpadu kesejahteraan sosial),’’ terangnya. 

Menurut Supriadi, program Pena juga mengusung tujuan menyaring KPM yang benar-benar   membutuhkan bansos dengan yang tidak. Bersamaan itu, meningkatkan pendapatan KPM melalui usaha yang berkelanjutan. Diprioritaskan dalam kartu keluaga (KK) penerima manfaat tidak terdapat lansia dan penyandang disabilitas. ‘’Mendapat sebutan pahlawan ekonomi karena secara sukarela keluar dari daftar penerima bantuan sosial,’’ jelasnya. 

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko berharap keluarga yang mendapat fasilitas program Pena bantuan mampu mandiri. Yakni, mandiri secara ekonomi lewat usaha yang mereka jalankan secara berkelanjutan. ‘’Mendorong masyarakat memperoleh pendapatan sehingga angka kemiskinan ekstrem  dapat berkurang,’’ ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo