Senin, 6 Mei 2024

Bupati Ponorogo Pimpin Apel Pasukan Pengamanan Perayaan Tahun Baru 2024

Diunggah pada : 1 Januari 2024 8:34:41 62
Bupati Sugiri Sancoko memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan malam tahun baru di depan Paseban Alun-Alun Ponorogo, Minggu (31/12/2023). Foto : Insanul fadhil

Jatim Newsroom - Mayoritas warga Ponorogo ingin menandai pergantian tahun Masehi secara khusus. Sejumlah ruas jalan sudah ramai kendaraan bermotor sejak Minggu (31/12/2023) pagi. Bersamaan itu, pusat perbelanjaan dan destiniasi wisata padat pengunjung. Konsentrasi massa itu mencapai puncaknya menjelang pukul 00.00 Senin, 1 Januari 2024. Aparat keamanan pun meningkatkan kesiagaannya. 

Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, memimpin langsung apel gelar pasukan pengamanan perayaan Tahun Baru 2024. Kang Bupati berdiri di barisan depan bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ponorogo yang terdiri Ketua DPRD Sunarto, Kapolres AKBP Anton Prasetyo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, dan Kajari Rindang Onasis. ‘’Pemerintah harus hadir dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan di tengah-tengah aktivitas masyarakat,’’ kata Kang Bupati dalam gelar pasukan yang berlangsung di depan Paseban Alun-Alun Ponorogo. 

Merujuk teori hierarki kebutuhan Maslow, rasa aman menempati urutan kedua paling dasar yang harus terpenuhi lebih dulu oleh manusia. Karena itu, aparat keamanan di Ponorogo  sengaja merekayasa lalu-lintas agar arus kendaraan berjalan lancar. Pos pengamanan juga didirikan di sejumlah lokasi. Mobilitas masyarakat diprediksi tetap tinggi hingga Senin (1/1/2024) karena ingin merayakan tahun baru.

‘’Pak Kapolres dan Pak Dandim sudah mengerahkan anggotanya untuk memenuhi kebutuhan rasa aman masyarakat,’’ kata Kang Bupati yang berposisi sebagai ketua Forkopimda Ponorogo itu. 

Usai memimpin apel, jajaran forkopimda mengikuti zoom bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo. Kang Bupati beserta rombongan juga melakukan patrol ke sejumlah pusat keramaian   guna memastikan kondusivitas keamanan..Pemkab Ponorogo menugaskan petugas dinas perhubungan (dishub) dan satuan polisi pamong praja (satpol PP) turun ke lapangan. Mereka berjaga di sejumlah simpul jalan dan pusat keramaian. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo