Kamis, 25 April 2024

Bupati Mojokerto Tekankan Perlunya Percepatan Pembangunan di Desa

Diunggah pada : 30 Januari 2024 21:21:51 27
Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Mustenbangcam) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 di Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom - Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menjabarkan tentang perlunya percepatan pembangunan di desa karena sangat berpengaruh dengan percepatan pembangunan pada daerah.

"Percepatan pembangunan di desa harus didahulukan, karena dengan begitu percepatan pembangunan di tingkat daerah bisa terlaksanakan dengan baik. Bagaimana caranya untuk percepatan pembangunan di desa? Salah satu caranya dengan memfokuskan tiap desa agar memiliki sign plan dan brand design," ujar Bupati Ikfina.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (30/1/2024), Bupati Ikfina terus menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan (Mustenbangcam) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025.

Bupati Ikfina menjelaskan perlunya sign plan dan brand design karena hal ini berhubungan dengan dana Bantuan Keuangan (BK) desa, yang akan dibagikan kepada tiap desa di Kabupaten Mojokerto.

"Dana BK desa ini nanti akan dibagikan kepada tiap desa dengan syarat desa yang mengajukan harus sudah memiliki sign plan dan brand design untuk desanya. Hal ini ditujukan agar tiap desa harus bisa mengenali potensi dari desanya sendiri untuk bisa meningkatkan pendapatan asli desa, yang nanti juga digunakan untuk pembangunan desa tersebut," imbuhnya.

Bupati Ikfina juga menekankan tentang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berperan vital dalam pembangunan daerah Kabupaten Mojokerto. Menurut beliau PAD Kabupaten Mojokerto harus ditingkatkan lagi di tahun 2025 demi percepatan pembangunan daerah.

"Pembangunan yang dilakukan di Kabupaten Mojokerto Ini dana terbesarnya berasal dari PAD, hanya sebagian kecil yang berasal dari bantuan keuangan khusus. Oleh karena itu PAD ini harus ditingkatkan lagi, caranya dengan meningkatkan pendapatan masyarakat melalui perluasan lapangan pekerjaan, mari kita manfaatkan apa yang ada d isekitar kita, tidak harus menciptakan usaha-usaha baru, bisa juga kita bekerja sama dengan badan usaha yang besar agar bisa saling bersinergi," terang Bupati Mojokerto.

Di akhir arahannya, Bupati Mojokerto meminta kepada para pejabat pemerintahan agar tetap fokus pada pelayanan masyarakat meskipun tengah berada dalam masa kampanye.

"Yang terakhir saya sampaikan, kepada semua pejabat pemerintahan, agar jangan terbawa suasana kampanye, saya ingin panjenengan sekalian tetap fokus dan maksimal dalam tugas, khususnya yang turun langsung dalam pelayanan masyarakat," pungkas Ikfina. (idc/s)

#pembangunan #Musrenbang #Kabupaten Mojokerto