Kamis, 1 Desember 2022

Bupati Mojokerto Tekankan Pentingnya Konseling Bagi Remaja

Diunggah pada : 4 Oktober 2022 10:11:13 7
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menghadiri agenda pembinaan terhadap Pembina Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) di wilayah Eks Pembantu Bupati Mojokerto di  kantor Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Senin (3/10/2022).

Agenda peningkatan kapasitas bagi Pembina PIK-R Kabupaten Mojokerto kali ini diikuti para pembina PIK-R dari lima kecamatan yang ada di wilayah Eks Pembantu Bupati Mojokerto. 

Pada kesempatan ini, Bupati Ikfina menyampaikan pentingnya keberadaan PIK-R. Di tengah perkembangan zaman, saat ini juga masih banyak anak usia remaja yang masih belum berimbang antara pemikiran dengan usia pubertas (baligh). 

"Saat ini yang ada di posisi bahaya adalah anak-anak remaja kita. Bagi saya, bahaya yang mengancam para remaja, yakni kondisi para remaja saat ini tidak singkron dan sejajar dengan aqil balignya. Mereka remaja sudah baligh tapi pikirannya masih anak-anak," tutur Bupati Ikfina. 

Bupati Ikfina meminta agar para pembina PIK-R segera menindaklanjuti juknis yang telah disusun oleh  Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (P2KBP2) Kabupaten Mojokerto, supaya dengan sesegera mungkin membentuk PIK-R lebih banyak lagi. Hal ini dimaksudkan, semakin banyak PIK-R yang terbentuk, maka pengetahuan dan konseling kepada remaja semakin meluas. 

"Harapan saya, saat ini kita semua adalah tulang punggung, bagaimana kita bisa antarkan anak-anak kita menuju keselarasan antara akal dan balignya. Sehingga bisa menjaga dirinya masing-masing," harapnya. 

Lebih lanjut dikatakan Bupati Ikfina, ke depannya DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto juga akan melangsungkan sertifikasi kepada para anggota dan pengurus PIK-R.

"Setelah ada juknis, nanti DP2KBP2 akan menyelenggarakan semacam sertifikasi kepada pendidik sebaya dan konselor sebaya, ini nanti akan diberikan sertifikasi setelah ikut semacam ujian," ungkapnya. 

Sebagai informasi, agenda Pembinaan Pembina PIK-R Kabupaten Mojokerto kali ini diikuti sekitar 150 orang pembina PIK-R di wilayah Eks Pembantu Bupati Mojokerto. Agenda semacam ini pun juga akan terus berlanjut di wilayah Eks Pembantu Bupati Mojokerto lainnya. (vin/s)

#Bupati Mojokerto