Kamis, 25 April 2024

Bupati Mojokerto Sampaikan Pendapat atas Raperda Ruang Terbuka Hijau dan Kepemudaan

Diunggah pada : 21 Desember 2023 9:00:23 10
Bupati Mojokerto dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mojokerto. Sumber Foto: Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menyampaikan pendapat atas dua Raperda, yakni Raperda tentang Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Kepemudaan. Pendapat atas dua Raperda tersebut disampaikan Bupati Ikfina dalam rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mojokerto, di Graha Wichesa, DPRD Kabupaten Mojokerto.

Mengutip laman Pemerintah Kabupaten Mojokerto (21/12/2023), Bupati Ikfina menyampaikan sebagai wujud kepatuhan daerah serta pemenuhan persyaratan formil pembentukan produk hukum daerah, maka terhadap raperda yang dilakukan pembahasan bersama seyogyanya telah melalui tahapan pengharmonisasian, pembulatan dan pemantapan konsepsi.

"Saya berharap hal ini menjadi perhatian dan komitmen kita bersama untuk dapat dilaksanakan dengan sebenar-benarnya," ungkapnya.

Lanjut Ikfina, Raperda tentang RTH ini patut mendapat apresiasi. Menurutnya, RTH ini memiliki peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem, memperbaiki kualitas udara, menyediakan habitat bagi flora dan fauna serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Selanjutnya, mengenai Raperda Kepemudaan, Bupati Mojokerto menjelaskan jika pemuda merupakan salah satu bagian dari unsur bangsa yang memiliki peran strategis terhadap pembangunan, menjaga dan memelihara serta melanjutkan cita-cita bangsa.

Di akhir sambutannya, Ikfina mengatakan, terhadap dua Raperda yang berasal dari DPRD tersebut, pihaknya merasa masih memerlukan diskusi lebih lanjut guna sinkronisasi, pendalaman serta penyempurnaan materi muatan melalui pembahasan bersama di tingkat panitia khusus.

"Hal ini penting dalam rangka mewujudkan produk hukum daerah yang selaras serta tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang lebih tinggi, kepentingan umum, dan/atau kesusilaan," pungkasnya. (idc/s)

#Kabupaten Mojokerto #raperda #Ruang Terbuka Hijau #rapat paripurna #kepemudaan