Sabtu, 4 Mei 2024

Bupati Mojokerto Sambut Kedatangan Kirab Pemilu di Kecamatan Trawas

Diunggah pada : 29 Agustus 2023 11:36:26 63
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawat,i menyambut kedatangan Kirab Pemilu Jalur V di Kantor Desa Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Senin (28/8/2023). Kirab Pemilu itu akan digelar selama sepekan di Kabupaten Mojokerto untuk meningkatkan partisipasi masyarakat.

Penyambutan kirab Pemilu tersebut, ditandai dengan penyerahan langsung Kirab Pemilu 2024 oleh Rombongan KPU Sidoarjo kepada KPU Kabupaten Mojokerto. Serah terima kirab, dikawal oleh ratusan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 18 kecamatan dengan memakai pakaian adat. Mereka juga membawa berbagai poster ajakan mencoblos saat Pemilu 14 Februari 2024.

Diketahui, Kabupaten Mojokerto merupakan salah satu daerah di Provinsi Jawa Timur, yang dilalui Kirab Pemilu 2024 Jalur V. Kirab bendera merah putih, pataka KPU dan bendera 18 parpol peserta Pemilu 2024 itu diluncurkan sejak 14 Februari 2023 lalu.

Adapun jalur yang telah dilewati Kirab Pemilu tersebut yakni, Kabupaten Pulau Mortai, Maluku Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan terakhir Sidoarjo. Kirab Pemilu ini juga merupakan rangkaian persiapan pesta demokrasi untuk memilih wakil rakyat, mulai dari DPD, DPRD dan DPR RI tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

Bupati Ikfina, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto pada Selasa (29/8/2023), mengatakan pihaknya meminta seluruh warga Kabupaten Mojokerto agar dalam Pemilu 2024 nanti bisa menggunakan hak suaranya dengan baik.

“Saya minta semua warga Kabupaten Mojokerto datang ke TPS menggunakan hak pilihnya sebagai tanggung jawab kita membangun bangsa dan negara,” kata Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina pun mengajak masyarakat tidak asal coblos ketika Pemilu 14 Februari 2024. Ia berpesan, agar masyarakat Kabupaten Mojokerto terlebih dahulu mengenali para calon wakil rakyat yang hendak dipilih. Selain itu, Ikfina juga secara tegas meminta masyarakat tidak menerima politik uang.

“Jangan memilih karena uang. Maka anda semua harus kenal dan tahu betul siapa yang akan anda pilih,” tegasnya.

Kepada semua peserta pemilu, orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto ini pun meminta agar senantiasa mengedepankan sikap saling menghormati, tidak saling menjatuhkan maupun saling menjelekkan ketika masa kampanye.

“Mudah-mudahan Allah SWT memberikan bimbingan kepada kita semua agar KPU bisa bekerja maksimal, begitu juga Bawaslu, serta masyarakat juga bisa menggunakan hak pilihnya,” pungkas Bupati Ikfina.

Pada kesempatan itu, Bupati Ikfina juga turut mengenalkan maskot Pemilu 2024 yakni Mas Sura dan Mba Sulu. Maskot Pemilu 2024 tersebut merupakan Burung Jalak Bali. Untuk Maskot Sura sendiri, merupakan akronim dari Suara Rakyat, sedangkan Sulu adalah Suara Pemilu.

Di akhir acara, Bupati Mojokerto beserta Forkopimda Kabupaten Mojokerto juga melaksanakan penandatanganan Deklarasi Pemilu sebagai Sarana Integrasi Bangsa.

Sebagai informasi, turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Mojokerto, KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto, Ketua KPU Sidoarjo, Segenap OPD Kabupaten Mojokerto, Camat se-kabupaten Mojokerto, Forkopimca Trawas, PPK dan PPS Se-Kabupaten Mojokerto.

Acara Serah Terima Kirab Pemilu 2024 Jalur V itu, juga dimeriahkan kesenian bantengan, flashmob Jingle Pemilu oleh PPK Se-Kabupaten Mojokerto, Tari Mayang Rontek serta Jula Juli Demokrasi. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #Pemilu 2024 #Pemkab Mojokerto #kirab pemilu