Sabtu, 27 April 2024

Bupati Mojokerto Resmikan Kantor Desa Brangkal

Diunggah pada : 10 Maret 2023 9:35:21 141
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, meresmikan Kantor Desa Bangkal, Kecamatan Sooko, Kabupaten Mojokerto, Kamis (9/3/2023). Pada kesempatan itu, Ia berharap peresmian Kantor Desa Brangkal yang baru ini dapat meningkatkan pelayanan dan ekonomi masyarakat.

Pembangunan Kantor Desa Brangkal ini menjadi kebanggan masyarakat. Pasalnya, ke depan juga akan dibangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) bernama Brangkal Firal Park. Dan dalam RTH Brangkal Firal Park nantinya juga terdapat berbagai fasilitas seperti outbond, camping ground, agrowisata dan edukasi, playground, pujasera, pusat oleh-oleh, wahana bermain, wisata hiburan, serta terdapat Pendopo Majapahit Culture.

Peresmian Kantor Desa Brangkal yang bersumber dari Dana Bantuan Keuangan (BK) Desa tahun 2022 ini, ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Ikfina, dengan didampingi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto Setia Pudji Lestari, Kepala DPMD Kabupaten Mojokerto Yudha Akbar Prabowo, Forkopimca Sooko, dan seluruh kepala desa se-Kecamatan Sooko.

"Harapannya tentu nanti Pemerintah Desa Brangkal akan bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakatnya dan tentunya ini nanti akan semakin bisa menggerakkan roda perekonomian di Desa Brangkal dan Desa Brangkal akan semakin berkembang tidak hanya viral saja tetapi betul-betul nanti menjadi bagian dari suatu kawasan pendukung," ucap Ikfina, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto.

Menurut Bupati Ikfina, pemerintah daerah harus menambah RTH untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM).

"Dalam kita merencanakan pembangunan dasar, salah satu SPM ini kita harus memenuhi persentase dari ruang terbuka hijau, yang tidak cukup hanya membuat ruang terbuka hijau di Kabupaten Mojokerto, tetapi bagaimana ada ruang untuk anak-anak kita berekspresi, ada mainan untuk anak-anak, dan memberikan sumbangsih terhadap peningkatan perekonomian warga setempat," bebernya.

Pada pengembangan pembangunan baik di gedung Kantor Desa Brangkal dan RTH Brangkal Firal Park ini, Bupati Ikfina juga meminta agar ditambahkan detail-detail dari Kerajaan Majapahit dan beberapa ornamen yang berkaitan dengan Candi Wringin Lawang maupun Surya Majapahit agar City Branding Kabupaten Mojokerto yakni Full of Majapahit Greatness semakin melekat.

"Hal itu dirasa perlu, karena sesuai dengan arahan presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar mendongkrak pertumbuhan ekonomi maka daerah harus memiliki branding. Mungkin nanti akan mengingatkan bahwa, RTH ini adalah berada di kawasan bekas dari pusat Kerajaan Majapahit, ini sangat luar biasa," kata Bupati Ikfina. 

Dengan diresmikannya Kantor Desa Brangkal, Bupati Ikfina pun berharap hal ini menjadi suatu hal yang positif dan produktif untuk masyarakat Desa Brangkal maupun Kecamatan Sooko.

"Mudah-mudahan pembangunan Kantor Desa Brangkal ini akan semakin meningkatkan kinerja dari Pemerintah Desa Brangkal sendiri dan akan memberikan kontribusi yang semakin positif dan semakin produktif untuk masyarakat Desa Brangkal," pungkasnya. 

Diketahui, dalam peresmian Kantor Desa Brangkal tersebut, juga digelar tradisi Ruwah Desa untuk bersih desa dan ucapan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa. (vin)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto