Sabtu, 4 Mei 2024

Bupati Mojokerto Harapkan Siswa Solid Bangun Kemajuan Bangsa

Diunggah pada : 1 Agustus 2023 11:26:39 22
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom –  Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, menyampaikan harapannya kepada para siswa SMP Negeri 1 Puri, Kecamatan Puri, agar solid membangun kemajuan bangsa.

“Solid di sini bahwa membangun bangsa dan negara ini tidak akan bisa dilakukan kalau kita bergerak sendiri-sendiri, dan untuk mempertahankan SMP Negeri 1 Puri sebagai sekolah menengah pertama negeri terbaik di Mojokerto raya tidak akan pernah bisa dilakukan kalau kita bergerak sendiri-sendiri maka seluruh siswa, guru, mantan guru, dan para alumni harus mewujudkan medali emas untuk Indonesia maju dan hebat,” kata Bupati Ikfina melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, Selasa, (1/8/2023).

Bupati Ikfina menilai, literasi menjadi suatu kebutuhan dasar untuk dapat bertahan dan menyesuaikan diri dalam menghadapi situasi yang saat ini dapat berubah-ubah dengan cepat.

“Bagaimana kita meningkatkan pengetahuan dan skill dalam membaca menulis dan berhitung, akan tetapi literasi di semua bidang dan semua segi kehidupan, dimana kita memang harus segera menyesuaikan diri beradaptasi dengan segala situasi yang ada,” jelas Bupati Ikfina.

Orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto itu juga berharap, dengan diselenggarakannya Dies Natalis ke-43 yang mengusung tema ‘Medali emas Mewujudkan Generasi Cerdas Berakhlak, Peduli Lingkungan, Elaboratif, Mandiri dan Solid’ itu, semoga para siswa dapat menghargai setiap waktu dan momen proses pengembangan diri yang dimiliki. Hal tersebut agar kedepannya, para siswa dapat menjadi salah satu penyumbang dalam pembangunan kemajuan bangsa.

“Berusahalah menjadi yang terbaik tanpa kalian harus menyakiti, berusaha menjadi yang terbaik tetapi dengan bekerja sama, saling mendukung, saling mengisi, saling mengasihi, dan saling melindungi. Karena kalian semua adalah bersaudara keluarga besar SMP Negeri 1 Puri Kabupaten Mojokerto,” pesan Bupati Ikfina.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Puri Nanang Wahyuningaji menjelaskan, dalam pelaksanaan Dies Natalis ke- 43, SMPN Negeri 1 Puri juga menggelar 1.000 tumpeng. Hal tersebut sebagai tanda wujud syukur dan dimulainya kegiatan ‘Satu Sehat, Satu Bergizi, Satu Bersih dan Satu Beriman’.

“Merupakan kegiatan yang kami lakukan setiap bulan sekali yaitu makan pagi bersama-sama dengan anak dan bapak ibu guru di sekolah. Maka hari ini diwujudkan dalam bentuk 1000 tumpeng Mini,” tutur Nanang.

Nanang juga berharap, dengan diresmikannya komunitas literasi Sandhya SMPN 1 Puri semoga bisa menjadi wadah dari karya-karya tulisan dari para siswa maupun guru-guru SMP Negeri 1 Puri.

“Komunitas literasi Sandhya mewadahi karya-karya alumni bapak ibu guru, karya alumni dan siswa SMPN 1 Puri dalam bentuk tulisan. Selama ini siswa dan alumni kami sudah banyak berkiprah di literasi terutama dalam laman cerpenmu.com. Perlu diketahui untuk hasil raport Pendidikan tahun 2023 nilai literasi SMPN 1 Puri berada pada angka 95, dan ini merupakan capaian yang luar biasa buat kami dalam hal literasi,” pungkas Nanang.

Diketahui, perayaan Dies Natalis ke-43 kali ini, juga turut dihadiri, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Ludfi Ariyono, Kepala DP2KBP2 Kabupaten Mojokerto Sugeng Nuryadi, dan jajaran Forkopimca Puri. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #siswa