Jumat, 3 Mei 2024

Bupati Mojokerto Dorong KPM PKH Mulai Usaha

Diunggah pada : 7 September 2023 9:23:56 64
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

Jatim Newsroom – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto memiliki program ‘Bulik Soima’ yang terus digulirkan. Kali ini, Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati, mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) untuk memulai usaha.

Kegiatan Bulik Soima tersebut, berlangsung di salah satu rumah warga penerima PKH Kementerian Sosial di Desa Tangunan, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto. Agenda yang diinisiasi Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mojokerto ini dikemas dalam kegiatan Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) PKH Kabupaten Mojokerto, yang diikuti puluhan KPM PKH Desa setempat.

Bupati Ikfina, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, pada Kamis (7/9/2023) mengatakan, kegiatan P2K2 modul ekonomi memulai usaha ini, diharapkan KPM PKH Desa Tangunan terinspirasi untuk memulai usaha, sehingga bisa lepas dari bantuan PKH atau graduasi mandiri.

"Tidak hanya sekedar menyampaikan materi, tetapi mereka butuh keterampilan, salah satunya dengan memanfaatkan potensi usaha yang ada. Salah satu potensi yang bisa dimanfaatkan yakni pepaya. Dengan buah itu warga bisa mengolahnya untuk menjadi beraneka makanan," jelasnya. 

Ke depan, orang nomor satu di lingkup Pemkab Mojokerto itu juga berharap, agar ibu-ibu yang telah ikut pelatihan tidak sekadar ikut saja, tapi ada yang bisa meneruskan untuk membantu perekonomian rumah tangga mereka nantinya.

"Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga ini sangat bermanfaat, karena dengan adanya pertemuan tersebut, ibu-ibu termotivasi untuk membuat usaha sendiri dan bisa memanfaatkan tanaman di sekitar, seperti pepaya dan lain-lain. Karena disini pepaya sangat melimpah," pungkas Bupati Ikfina. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #Pemkab Mojokerto #KPM #PKH