Senin, 15 Juli 2024

Bupati Mojokerto Buka Jambore ke-VII Kwarcab Gerakan Pramuka

Diunggah pada : 25 Agustus 2023 15:25:37 239
Sumber foto : Diskominfo Kabupaten Mojokerto

 Jatim Newsroom – Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati membuka Jambore ke-VII Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka di Wana Wisata Desa Bumi Kepakisan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Jambore ke-VII tersebut, berlangsung selama empat hari, dari Kamis hingga Minggu (24-27/8/2023). 

Jambore ke-VII kali ini, diikuti siswa-siswi SMP sederajat se-Kabupaten Mojokerto yang terdiri dari 41 regu putra dengan total 328 siswa dan 45 regu putri dengan total 360 siswa. Pembukaan jambore, ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Bupati Ikfina yang diikuti oleh seluruh peserta jambore.

Pada jambore kali ini, terdapat pula berbagai pertunjukan, seperti penampilan PBB formasi, tari nusantara pramuka penggalang, dan pertunjukan semaphore dance pramuka penegak.

Bupati Ikfina, melalui pers rilis Diskominfo Kabupaten Mojokerto, pada Jumat (25/8/2023) menyampaikan, agar para peserta dapat mengikuti seluruh proses rangkaian kegiatan jambore ini. Menurutnya, kegiatan jambore ini bisa dijadikan sarana belajar, berkarya, dan membangun semangat persatuan sebagai sesama anak bangsa.

"Manfaatkanlah Jambore Cabang untuk menjalin persahabatan dan kebersamaan diantara kalian," ujarnya.

Dalam mengikuti proses kegiatan jambore, Bupati Ikfina mengharapkan, agar seluruh peserta dapat menyerap semua pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan seluas-luasnya. 

Dikatakan Bupati Ikfina, para peserta juga harus terus mengikuti berbagai kegiatan kepramukaan di sekolahnya masing-masing. Karena gerakan pramuka memiliki banyak kegiatan yang bermanfaat, apalagi kegiatan kepramukaan saat ini telah disesuaikan dengan kemajuan zaman. 

"Insya Allah melalui gerakan pramuka, kalian dapat menimba ilmu dan keterampilan lebih banyak, di samping yang kalian peroleh di sekolah," harap Bupati Ikfina.

Selain itu, kepada para peserta, Bupati Ikfina juga mengimbau supaya harus bisa giat dalam belajar, bangga menjadi anak pramuka, meningkatkan ketaatan beribadah, aktif beraktivitas olah jiwa dan olah raga, mempererat persahabatan maupun keakraban dengan teman-temannya, serta dapat menghormati orang tua, guru-guru, dan pembina.

"Jadilah pramuka yang aktif,  kreatif, energik, berdedikasi dan berkarakter. Jauhi kegiatan yang tidak bermanfaat dan merusak masa depan kalian. Ajak teman-teman  kalian untuk mengisi kegiatan, dan waktu luang di luar jam sekolah dengan kegiatan yang bermanfaat, yang dapat kalian jadikan sebagai bekal ketika dewasa kelak. Persiapkan diri kalian semua dengan baik, untuk melanjutkan kepemimpinan di negeri ini, di masa yang akan datang," imbau Ikfina.

Sedangkan kepada instansi terkait dan jajaran Kwartir Gerakan Pramuka, Bupati Ikfina juga mengimbau, agar para instansi terkait tersebut memberikan dukungan dan fasilitasi, baik pada pembentukan dan perluasan gugus depan berbasis pangkalan sekolah, maupun komunitas. Selain itu diharapkan juga dapat mengedepankan prinsip dan metode kepramukaan universal.

Lalu, kepada jajaran Kwartir Gerakan Pramuka dan instansi terkait Bupati Ikfina berpesan supaya juga harus bisa memperkokoh peran gerakan pramuka, sebagai bagian sistem pendidikan nasional bagi kaum muda yang dapat mencetak bibit unggul pemimpin masa depan bangsa. Selain itu, gerakan pramuka diharapkan dapat menjadi pelindung kaum muda dari berbagai ancaman, seperti aksi kekerasan, radikalisme, terorisme, serta penyalahgunaan narkoba. 

"Berikan perhatian besar pada peningkatan tata kelola, manajemen, serta pengadaan dan penyelenggaraan kursus pelatih dan pembina gerakan pramuka. Pastikan pengelolaan manajemen pendidikan terbaik, mulai dari tingkat Kwartir Cabang hingga tingkat Gugus depan," pesan Bupati Ikfina.

Bupati Ikfina pun mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Instansi terkait, para kepala bagian, OPD, para camat, para kepala sekolah atau madrasah selaku majelis pembimbing gerakan pramuka yang selalu memberikan dukungan moril dan material pada pengembangan kepramukaan di wilayah masing-masing. 

Diketahui, turut hadir pula dalam pembukaan jambore kali ini yakni Wakil Ketua Kwarda Jawa Timur, Suyatno, Ketua Kwarcab, jajaran Forkopimca Trowulan, dan Camat se-Kabupaten Mojokerto. (vin/s)

#Bupati Mojokerto #Kabupaten Mojokerto #pramuka #Kwarcab #Jambore #Kwartir Cabang #Gerakan Pramuka