Minggu, 5 Mei 2024

Bunda PAUD Ponorogo Bagi Pengalaman Asuh Bayi Tiga Bulan Penuh

Diunggah pada : 8 Juni 2023 10:13:07 20
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko bersama Bunda PAUD Susilowati ketika melepas balon menandai pembukaan Lomba Kreativitas Anak, Rabu (7/6/2023).. Insanul Fadhil

Jatim Newsroom - Beragam lomba kreativitas menandai peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 di Ponorogo. Bupati Sugiri Sancoko beserta istri, Susilowati, membuka lomba yang berlangsung di kompleks Gedung Terpadu itu, Rabu (7/6/2023), dengan peserta  ratusan anak-anak dari kelompok bermain (KB) serta taman kanak-kanak (TK). 

Kang Bupati menyampaikan,  mengasah kreativitas dapat menjadi salah satu langkah meningkatkan kemampuan anak-anak pada usia dini.  Bersamaan itu, kebutuhan mereka akan kualitas pendidikan, lingkungan sehat, gizi yang baik, serta penanaman moral dan iman perlu terpenuhi.

‘’Agar generasi penerus ini menjadi orang-orang yang hebat. Anak adalah nomor satu,’’ katanya.

Sementara itu, Susilowati yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Ponorogo, berbagi  pengalaman dalam mendidik anak-anaknya yang sekarang sudah memasuki perkuliahan. Menurutnya, orang tua wajib mengetahui tumbuh kembang anaknya, terlebih pada usia dini. Sesibuk apapun, orang tua perlu meluangkan waktu untuk sekadar bercerita. "Dulu ketika cuti kerja melahirkan, pengasuhan selama tiga bulan full saya lakukan sendiri tanpa pakai pengasuh bayi,’’ jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Nurhadi Hanuri, menyampaikan, lomba kreativitas itu diikuti 500 peserta dari perwakilan 21 kecamatan yang ada. Panitia membagi dua kategori lomba untuk kelompok bermain dan taman kanak-kanak. Jenis lomba meliputi mengucapkan Pancasila, kreasi plastisin, bola ceria, menyanyi, melukis, ketangkasan sepeda, dan mengucap syair.

Menurut Nurhadi, lomba kreativitas menjadi salah satu cara menciptakan generasi yang hebat. Yakni, anak yang memiliki kecerdasan, keterampilan, kreativitas, inovatif, serta berkarakter. ‘’Lomba ini kami gelar sebagai wadah untuk memfasilitasi anak mengembangkan kreativitas. Mereka akan memiliki pribadi yang kritis, kreatif, dan sukses," terangnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo