Minggu, 5 Mei 2024

BUMDes di Ponorogo Jadi Objek Studi Tiru Kecamatan Angsana Kabupaten Tanah Bambu Kalsel

Diunggah pada : 10 Juni 2023 20:44:13 140
Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko ketika menyerahkan cenderamata berupa miniatur Reog Ponorogo kepada Camat Angsana Liana Hamita, Sabtu (10/6/2023). Foto Insanul Fadhil

Jatim Newsroom - Keberhasilan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) di Kabupaten Ponorogo menarik untuk dijadikan objek studi tiru. Salah satunya, oleh Camat Angsana, Riana Hamita, dari Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan (Kalsel). Riana datang ke Ponorogo bersama pengelola BUMDes yang ada di desa-desa Kecamatan Angsana.

Liana membawa rombongan besar tatkala diterima Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, di Pringgitan, rumah dinas, Sabtu (10/6/2023). Jumlah rombongan itu sekitar 40 orang yang terdiri 9 kepala desa, 9 ketua BPD, 2 BKAD, dan 8 pengurus BUMDes serta sejumlah perangkat desa. 

‘’Ponorogo melakukan tranformasi cepat dalam hal pengelolaan BUMDes bersama. Kami ingin ikut menerapkan pola transformasi itu di Angsana,’’ kata Liana mengungkapkan alasannya memilih studi tiru ke Ponorogo. Pihaknya juga ingin mengadopsi tata kelola pemerintahan desa berikut optimalisasi potensi pariwisatanya. 

Sementara itu, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menerima dengan tangan terbuka rombongan dari Kecamatan Angsana yang ingin melakukan studi tiru. Dengan begitu, potensi-potensi yang dimiliki Ponorogo dapat diketahui daerah lain. ‘’Saling bertukar pikiran terkait pemerintahan, khususnya di desa,’’ jelasnya.

Kang Bupati juga menyampaikan sejumlah capaian pembangunan yang telah rampung dan sedang dikerjakan. Diantaranya, face off segi empat emas pusat kota dan air mancur menari Telaga Ngebel. ‘’Sekarang ini kami juga sedang tahap pembangunan Monumen Reog di sampung,’’ ungkapnya. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo