Jumat, 3 Mei 2024

Bina Marga Jatim Perbaiki Ruas Jalan Pemuda Situbondo

Diunggah pada : 10 Agustus 2023 13:18:57 94
Petugas PU Bina Marga Jatim melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Banyuwangi lakukan perbaikan ruas jalan di Situbondo. ( Dok. PU Bina Marga Jatim)

Jatim Newsroom – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Jawa Timur melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Banyuwangi menggelar kegiatan pemeliharaan dan perbaikan rutin jalan Provinsi dengan metode CPHMA (Cold Patch Hot Mix Asphalt) di Ruas Jalan Pemuda (link 218.13K) Kabupaten Situbondo.

“Kami lakukan tambal sulam tersebut untuk memastikan kualitas jalan tetap terjaga dengan baik dan aman dilalui masyarakat,”kata Pengawas/Pengamat Jalan UPT PJJ Banyuwangi, Salehan dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/8/2023).

Dijelaskana, CPHMA adalah teknik pemeliharaan jalan yang menggunakan campuran aspal panas untuk melakukan perbaikan pada jalan yang rusak. “Kegiatan pemeliharaan rutin jalan tambal sulam dengan CPHMA dilakukan secara berkala untuk menangani masalah kerusakan minor di jalan, seperti lubang atau retak kecil yang dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut jika tidak segera diperbaiki,” katanya.

Adapun Langkah-langkah yang dilakukan dalam kegiatan pemeliharaan rutin jalan tambal sulam dengan CPHMA antara lain adalah mengidentifikasi ruas jalan yang membutuhkan tambal sulam. Kemudian, mempersiapkan alat dan bahan, lalu melakukan pembersihan dan persiapan permukaan jalan. “Sebelum dilakukan tambal sulam, permukaan jalan yang rusak harus dibersihkan dari segala kotoran dan material yang menghalangi, pengecoran aspal CPHMA,” jelasnya.

Ia menambahkan, proses berikutnya adalah pemadatan jalan, dimana setelah aspal CPHMA mengeras, jalan akan dipadatkan menggunakan alat pemadat jalan seperti walt tool atau double drum roller. Proses yang terakhir, imbuh Salehan, yaitu finishing, dimana setelah pemadatan dilakukan, tim pemeliharaan akan memastikan permukaan jalan yang baru ditambal sulam memiliki tingkat kehalusan dan kelevelan yang sesuai. Kemudian, tim pemeliharaan akan membersihkan area kerja dari sisa-sisa material aspal dan memastikan tidak ada bahaya yang terjadi akibat kegiatan tersebut.

“Kegiatan pemeliharaan rutin jalan tambal sulam dengan CPHMA ini dapat dilakukan secara periodik tergantung pada kebutuhan dan anggaran yang dimiliki oleh pemerintah daerah atau badan pengelola jalan. Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi jalan agar tetap layak dan aman untuk pengguna jalan,” pungkasnya. (pca/hjr)

#dinaspubinamarga #DPUBinaMarga