Jumat, 3 Mei 2024

Berseragam Doreng Kebesaran Pemuda Pancasila, Bupati Sugiri Mengaku Anggota Lama

Diunggah pada : 24 September 2023 19:02:24 24
Bupati Sugiri Sancoko meneriakkan Pancasila Abadi ketika membuka Muscab MPC PP Ponorogo di Hotel Maesa, Minggu (24/9/2023). Foto : Erwin suganda

Jatim Newsroom - Bupati Sugiri Sancoko blak-blakan ketika membuka Musyawarah Cabang (Muscab) Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Ponorogo di Hotel Maesa, Minggu (24/9/2023). Kang Bupati –sapaan Bupati Sugiri Sancoko—ternyata anggota organisasi masyarakat (ormas) yang identik dengan seragam doreng oranye itu. Bahkan,  sampai sekarang masih menjabat ketua Pemberdayaan dan Pembinaan Cabang Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) PP Jawa Timur. 

Kang Bupati mengenakan seragam kebesaran PP tatkala membuka muscab. Jauh hari sebelum terpilih menjadi bupati Ponorogo, dirinya pernah berproses dan menjadi anggota ormas yang sudah berdiri sejak 28 Oktober 1959 itu. PP membuktikan sebagai ormas yang mampu melintasi berbagai rezim, mulai Orde Lama, Orde Baru, dan Orde Reformasi. ‘’Saya masih menyimpan dengan baik seragam PP,’’ terangnya. 

Kang Bupati berharap Muscab PP Ponorogo mengedepankan asas musyawarah dan mufakat. Siapapun yang terpilih sebagai ketua menggantikan Agung Nugroho, harus mampu membawa MPC PP Ponorogo lebih baik. Meskipun gerak roda organisasi selama ini sudah berjalan dengan baik ditandai bertambahnya anggota.  ‘’Musyawarah mufakat menjadi sistem dalam budaya Pancasila. Maka bermusyawarlah dalam rangka abadinya Pancasila,’’ jelasnya.  

Kang Bupati mengungkapkan bahwa kerja sama apik terjalin antara Pemkab Ponorogo dan MPC PP. Sebab, dua pihak memiliki tujuan yang sama ingin membangun Ponorogo menjadi lebih baik. ‘’Terima kasih kepada MPC PP Ponorogo yang selama ini sudah berada di samping kami.  Mimpi kita ke depan sama,’’ ungkapnya. 

Sementara itu, Sekretaris MPW PP Jawa Timur Dyah Agus Muslim menitip pesan ke Bupati Sugiri Sancoko beserta stakeholder yang ada agar membimbing PP Ponorogo. Tidak perlu segan melakukan koreksi jika gerak organisasi dinilai melenceng.  PP sudah memutuskan  menjadi organisasi masyarakat yang terbebas dari politik praktis. ‘’Kegiatan organisasi menitikberatkan kepada sosial kemasyarakatan,’’ ujar Dyah Agus Muslim. (why/hjr)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo