Senin, 6 Mei 2024

Berdayakan Keluarga, Ponorogo Dorong Kerja Sama Antar Pemuda Hebat dan PKK Akademi

Diunggah pada : 23 November 2023 14:33:50 21

Jatim Newsroom - Peran generasi muda semakin mengemuka dalam pembangunan di Ponorogo. Ini dibuktikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa serta Disbudparpora Ponorogo yang terlibat langsung dalam pembentukan Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Pemuda Hebat dan PKK Akademia. Dua program itu masuk program unggulan Nawa Dharma Nyata, visi-misi Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, dan Wakil Bupati Lisdyarita. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Toni Sumarsono mengatakan bahwa pembangunan desa membutuhkan penggerak sebagai pemantik bagi masyarakat untuk ikut bergerak dan bekerja sama. Salah satu kelompok masyarakat yang dapat mengambil peran sebagai penggerak pembangunan itu adalah pemuda. "Generasi yang memiliki semangat juang tinggi, pemikiran yang kritis, dan berwawasan," kata Toni dalam acara pembentukan BKAD Pemuda Hebat dan PKK Akademia di Gedung PGRI Ponorogo, Rabu (23/11/2023) kemarin. 

Program Pemuda Hebat bertujuan memberikan dukungan bagi komunitas pemuda yang selama ini menjadi penggerak masyarakat di bidang seni, budaya, dan olahraga. Sedangkan PKK Akademia merupakan upaya kaderisasi organisasi PKK untuk mengoptimalkan potensi generasi muda dalam mendukung kegiatan produktif di desa. “Kami membentuk badan kerja sama antar desa untuk lebih memaksimalkan peran Pemuda Hebat dan PKK Akademia,” terang Toni.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo selama ini getol menyelenggarakan berbagai pelatihan peningkatan kapasitas bagi Pemuda Hebat dan PKK Akademi. Di antaranya, pembuatan konten dan pengelolaan media sosial. Pemuda Hebat dan PKK Akademia diharapkan berperan lebih aktif dalam strategi pemasaran produk di desa dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.  “Jaringan internet yang sudah masuk ke setiap RT membantu aktivitas promosi melalui media digital. Di sini para pemuda yang mengambil peran,’’ ungkap Toni. (why/s)

#jatim #kominfo jatim #kabupaten ponorogo