Senin, 6 Mei 2024

BBPJN Jawa Timur – Bali Bangun Permanen Jembatan Kali Glidik II Lumajang

Diunggah pada : 10 Juli 2023 9:31:11 213
Foto Jembatan Gladik II Lumajang akan dibangun secara permanen. Kondisi Jembatan diambil sebelum putus. (Pca)

Jatim Newsroom - Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur - Bali akan membangun secara permanen jembatan Kali Glidik II atau Kalibesuk yang menghubungkan wilayah Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, putus total akibat banjir bandang pada Jumat 7 Juli 2023.

Dimana, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali telah menurunkan tim untuk melakukan survei awal penanganan jembatan itu. Di lokasi tersebut, tim melakukan survei investigasi pilar dan sungai Kali Glidik serta menyusun gambar kerja.

Kepala BBPJN Jawa Timur-Bali, Rakhman Taufik, mengatakan, alternatif penanganan sementara dengan instalasi jembatan bailey kurang memungkinkan untuk dilaksanakan di lokasi ini. “Dari hasil survei di lapangan menunjukkan bahwa secara teknis, opsi penanganan sementara dengan pemasangan jembatan bailey kurang memungkinkan," kata Rakhman dalam keterangan tertulisnya, Senin (10/7/2023).

Rakhman menambahkan, investigasi di lokasi menunjukkan salah satu dari dua pilar Jembatan Kali Glidik II telah hilang diterjang banjir. Kondisi tersebut mengakibatkan pilar eksisting tidak aman menopang jembatan bailey. “Karena satu pilar hilang, kekuatan jembatan bailey berkurang sebab tidak ada yang menopang sehingga safety factor-nya turun menjadi kurang dari 25 ton," bebernya.

Selain itu tinggi jagaan jembatan bailey dengan pilar eksisting juga masih berpotensi terkena terjangan air jika ada banjir bandang susulan. Oleh karena itu, opsi penanganan Jembatan Kali Glidik II mengerucut pada pembangunan jembatan secara permanen di lokasi eksisting. “Jadi alternatifnya membangun jembatan permanen sepanjang 45 meter atau lebih panjang dari jembatan eksisting. Kebetulan ada stok rangka baja di Gudang Bina Marga Citeureup (Bogor) yang siap dimobilisasi," ungkapnya.

Jembatan Kali Glidik II dibangun pada tahun 1970 dan saat ini berumur 53 tahun. Jembatan ini memiliki total panjang 38 meter dengan lebar 6,80 meter. Bangunan atas jembatan ini berupa gelagar baja permanen dan terdiri dari tiga bentang. "Nantinya proses konstruksi jembatan permanen sepanjang 45 meter ini akan berlangsung sekitar empat bulan. Untuk arus lalu lintas dan logistik dilakukan pengalihan arus ke utara lewat Pasuruan dan Probolinggo,"pungkasnya.

Selain survei awal oleh tim balai, pihak PPK 1.3 Provinsi Jawa Timur juga telah melakukan pembersihan sisa lumpur yang tumbang di sekitar Jembatan Kali Glidik II.  (pca/hjr)

#BBPJN