Kamis, 19 September 2024

Bawaslu Jatim Siap Terima Permohonan Sengketa Pasca Penetapan DCT Hingga Rabu Besok

Diunggah pada : 7 November 2023 14:19:59 20
Anggota Bawaslu Jatim, Rusmifahrizal Rustam (Dok. Humas Bawaslu Jatim)

Jatim Newsroom - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur siap menerima permohonan sengketa Daftar Calon Tetap (DCT) anggota legislatif. Hal ini setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim menetapkan DCT Anggota Legslatif pada Jumat (3/11/2023) kemarin.

Anggota Bawaslu Jatim, Rusmifahrizal Rustam dikonfirmasi, Selasa (7/11/2023) mengatakan bahwa permohonan sengketa DCT bisa dilakukan selama 3 hari kerja setelah penetapan. “Bawaslu Jatim serta Bawaslu Kab/Kota se-Jatim hari ini sudah siap menerima permohonan sengketa proses pemilu. Sesuai Perbawaslu 9/2022 memakai 3 hari kerja sejak ditetapkannya DCT tersebut. Karena dikeluarkannya di hari Jumat tanggal 3 November 2023, maka hitungan hari pertama dimulai hari Senin, 6/11/2023 dan berakhir hari Rabu, 8/11/2023 pada jam kerja,” ungkapnya

Alumni Universitas Jember tersebut juga menuturkan bahwa kesiapan pengawas pemilu se-Jatim telah dilakukan dengan matang. “Selain sarana dan prasarana yang kami siapkan dengan baik, jauh-jauh hari Bawaslu Jatim juga menyiapkan SDM Pengawas Pemilu untuk menyelesaikan sengketa proses. Kami mengadakan simulasi penyelesaian sengketa proses dengan rinci. Jadi Bawaslu se-Jatim sudah siap memberikan layanan terbaik bagi peserta pemilu yang hendak bersengketa,” jelas Rustam.

Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Jatim tersebut berharap bahwa kehadiran Bawaslu dalam menyelesaikan sengketa proses bisa memberikan keadilan bagi seluruh peserta pemilu. “Semoga kehadiran Bawaslu bisa memberikan rasa adil bagi seluruh peserta pemilu sehingga kita bisa menjaga kualitas proses ini dengan baik,” pungkasnya. (pca/hjr)

#bawaslu jatim