Kamis, 19 September 2024

Bawaslu Jatim Ajak Media Perkuat dan Partisipasi Awasi Pemilu 2024

Diunggah pada : 4 Desember 2023 20:18:23 65
Bawaslu Jatim menggelar gatering bersama media di H. mojopahit Surabaya. (Hjr)

Jatim Newsroom – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur mengajak kepada media baik cetak, elektronik, dan online untuk bisa ikut berpartisipasi untuk perkuat pengawasan pemilu 2024 mendatang. Hal ini disampaikan Nur Elya Anggraini, Koordinator SDM dan Organisasi Bawaslu Jatim saat menggelar media gethering bersama media di Jatim di hotel Majapahit, Senin (4/12/2023).

Dikatakannya, pengawasan terhadap pelaksanaan pemilu menjadi penting. Karena pemilu harus berjalan jujur dan adil. Salah satunya terkait netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga diatur undang-undang, baik di Bawaslu maupun di KPU.  “Ada hal yang diragukan, maka kerja pengawasan dilakukan dalam tahapan pemilu dan pilkada,” sebut Nur Elya.

Bawaslu, mengedukasi masyarakat agar bisa mandiri dalam pelaksanaan pemilihan umum. Kepentingan Bawaslu dan media massa sama. Yakni mengawasi pelaksanaan pemilu. “Otorisasi pengawasan, pelanggaran, temuan dan sengketa ada di bawaslu,”katanya

Kepala Bagiam Hukum, Humas dan Data Informasi Indra Purmomo Kusumo menyebutkan, berita hoaks sangat menganggu pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu 2024. Data Kominfo terdapat 3.000 an berita hoaks yang tersebar selama Pemilu 2019. “Menghadapi Pemilu 2024 Bawaslu Jatim mengandeng media massa, untuk mempersempit gerak berita hoaks,”katanya

Koordinator Divisi Humas Bawaslu Jatim, DWI Endah Prasetyowati menyebutkan, mendapatkan 13 pelanggaran. Yaitu ada 10 kasus, satu pelanggaran administrasi, satu pelanggaran netralitas dan pelanggaran pidana belum ada lapotan. “Bagaimana dugaan pelanggaran, Bawaslu pasang mata dan pasang telingga,” sebut Dwi Endah.

Bawaslu bersama media massa melakukan pengawasan partisipatif terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. “Media menjadi salah satu kerjasama dan menjaga hubungan,”pungkasnya. (Pca/hjr)

#bawaslu jatim