Kamis, 19 September 2024

Bawaslu Jatim Ajak Masyarakat Awasi Pemilu 2024 Lewat Aplikasi Jarimu

Diunggah pada : 15 Februari 2023 9:09:40 75
Anggota Bawaslu Jatim, Eka ditemui di kantor Bawaslu saat luncurkan aplikasi lima jarimu awasi pemilu 2024

Jatim Newsroom - setahun jelang pelaksanaan Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur mengajak masyarakat untuk mengawasi dan berpartisipasi semua tahapan pelaksanaan pemilu 2024.

Dimana ajakan ini, setelah bawaslu  meluncurkan secara serentak komunitas digital bernama Jarimu Awasi Pemilu. Hal ini dilakukan untuk menangkal Hoax. Situs ini diluncurkan pada, Selasa (14/2/2022) di Bawaslu dengan mengundang KPU dan stakeholder terkait pemilu. "Jarimu Awasi Pemilu selain Komunitas Digital untuk berkomunikasi dan ajang literasi terkait dengan pengawasan Pemilu, juga tempat bertemunya berbagai komunitas," kata Eka dikonfirmasi di Bawaslu Jatim, Rabu (15/2/2023).

Dalam keterangan Bawaslu RI sebelumnya, Aplikasi Jarimu Awasi Pemilu tersebut telah diikuti 25 ribu orang pendaftar. Menurut Eka, aplikasi ini memang dibuka secara luas. Ini penting dimassifkan untuk memenuhi ruang digital. Apalagi, hoaks atau disinformasi kerap memanfaatkan media sosial. "Ruang digital selama ini minim dijangkau dalam konteks pengawasan pemilu untuk mencegah disinformasi, hoaks dan politisasi SARA di ruang maya. Insyaallah mudah-mudahan ini akan efektif,"ujarnya.

Selain meluncurkan aplikasi digital, tepat setahun jelang Pemilu Bawaslu juga melaksanakan Apel Siaga yang diikuti jajaran Bawaslu. Disamping itu, juga meluncurkan Posko Kawal Hak Pilih dan Deklarasi Pemilu damai.

Menurut Eka, itu dilakukan untuk menunjukkan kepada publik bahwa pihaknya siap melaksanakan tugas pengawasan. "Melalui berbagai upaya ini, disisi lain kami juga ingin mendekatkan kepada publik untuk turut mengawal Pemilu sebagai tanggungjawab kita semua,"ungkapnya.

Ketua Bawaslu Jatim A Warits mengatakan, untuk memastikan Pemilu berlangsung sesuai ketentuan merupakan tanggungjawab bersama. Termasuk dari sisi pengawasan, sebetulnya bukan hanya tugas dari Bawaslu semata. Melainkan butuh perhatian seluruh pihak. "Bawaslu tidak mungkin kerja pengawasan hanya dilakukan secara sendiri," ucapnya.

Sementara itu Ketua KPU Jatim, Choirul Anam yang turut hadir mengapresiasi hal tersebut. Sebab, Bawaslu Jatim memiliki tugas sebagai quality control dalam pelaksanaan pesta demokrasi. (Pca/hjr)

#bawaslu jatim