Minggu, 29 Januari 2023

Baru Bergabung KORMI Sidoarjo, Ini Jadwal Latihan Teknik Kebugaran Indonesia

Diunggah pada : 28 November 2022 11:07:08 19
Sumber Foto: KORMI Kabupaten Sidoarjo

Jatim Newsroom – Tertarik mengikuti olahraga bersama Latihan Teknik Kebugaran Indonesia (LTKI) Kabupaten Sidoarjo? Ketua Umum LTKI Kabupaten Sidoarjo, Nurhadi, membagikan jadwal latihan komunitasnya. 

LTKI di Kabupaten Sidoarjo dipusatkan di halaman GOR Sidoarjo setiap hari Kamis dan Sabtu, di lapangan parkir Plaza Lippo setiap hari Senin dan Sabtu, dan di halaman pertokoan Perumahan Taman Pinang setiap hari Rabu dan Minggu. 

Seperti dipublikasikan di laman resmi KORMI Kabupaten Sidoarjo pada tanggal 27 November 2022, Nurhadi menjelaskan, LTKI merupakan organisasi yang menghimpun pencinta olahraga taici. Dirinya meminta guru besar tai ji quan, Adi Setiago, untuk menciptakan taici yang diminati masyarakat Indonesia.

“Lalu diciptakanlah Tian Xia yang sudah diciptakan ada 4 jurus, 9 jurus, 19 jurus, 32 jurus, dan 53 jurus, tapi kita juga tetap taici-taici yang lain, jurus-jurus yang sudah ada lainnya tetap kita latihkan ke teman-teman,” kata Nurhadi.

Olahraga taici ini, terang Nurhadi, diiringi lagu-lagu nasional dengan sentuhan musik bernuansa oriental mengikuti gerakan taici yang lembut. Olahraga beladiri yang pelan ini cocok diikuti anak-anak hingga lansia, dengan beragam manfaat bagi tubuh.

“Taici sebetulnya melatih keseluruhan, jadi bukan hanya fisik tapi yang dalam juga dilatih, pernapasan, rileks dan sebagainya. Jadi harus rileks, bukan santai, tidak boleh kaku,” tutur Nurhadi.

Ditambahkannya, 80 sasana LTKI yang tersebar di desa/kecamatan di Kabupaten Sidoarjo juga rutin berlatih mengikuti jadwal masing-masing sasana. Setiap sasana dipandu instruktur yang telah dilatih di sasana pusat LTKI Sidoarjo.

Untuk sementara LTKI baru ada di Sidoarjo. “Tapi tidak menutup kemungkinan yang di luar Sidoarjo seperti di Mojokerto, Pasuruan, Surabaya. Jadi 80 sasana sebetulnya ada beberapa yang dari luar Sidoarjo juga,” ujar Nurhadi.

Nantinya LTKI akan bergabung dengan Asosiasi Taici Tian Xia Indonesia (ATTI). Asosiasi ini sudah terbentuk di beberapa kota/kabupaten. (idc/n)

#kormi #Latihan Teknik Kebugaran Indonesia